PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IV SD ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

DWI NURINDAH, 2817133036 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IV SD ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (830kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (183kB)

Abstract

ABSTRAK Skipsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung ini ditulis oleh Dwi Nurindah, NIM. 2817133036, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd Kata Kunci: Kooperatif, Two Stay Two Stray, Hasil Belajar. Penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas IV SD Islam Miftahul Huda Plosokandng Kedungwaru Tulungagung masih rendah. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Karena model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray merupakan model pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk aktif dan saling membantu dalam menguasai pelajaran untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peningkatan keaktifan peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada mata pelajaran SKI materi Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad pada kelas IV SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung?; (2) Bagaimana peningkatan kerjasama peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada mata pelajaran SKI materi Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad pada kelas IV SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung; (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada mata pelajaran SKI materi Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad pada kelas IV SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatan keaktifan peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada mata pelajaran SKI materi Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad pada kelas IV SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung; (2) Untuk meningkatan kerjasama peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada mata pelajaran SKI materi Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad pada kelas IV SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung; (3) Untuk meningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada mata pelajaran SKI materi Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad pada kelas IV SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Penelitian ini menggunakan Penilitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain observasi, tes, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Tes yang digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar SKI peserta didik kelas IV SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran SKI, respon peserta didik, keadaan guru dan peserta didik. Hasil penelitian pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray kelas IV SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung terbagi dalam tiga fokus penelitian. sebagaimana berikut: (1) Berdasarkan fokus penelitian yang pertama yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan keaktifan peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dalam pengamatan lembar observasi keaktifanan peserta didik. Pada siklus I prosentase nilai rata-rata adalah 80% (baik) meningkat pada siklus II prosentase nilai rata-rata adalah 88,33% (sangat baik). (2) Berdasarkan fokus penelitian yang kedua yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two star two stray dapat meningkatkan kerjasama peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dalam pengamatan lembar observasi kerjasama peserta didik. Pada siklus I prosentase nilai rata-rata adalah 80% (baik)meningkat pada siklus II prosentase nilai rata-rata adalah 93,33% (sangat baik); (3) Berdasarkan fokus penelitian yang ke tiga yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat terbukti pada nilai rata-rata dari pre test 31,33 (5,56%) meningkat pada nilai rata-rata siklus I 76,88 (50%) dan meningkat lagi pada nilai rata-rata siklus II 90,62 (16,67%). Berdasarkan fokus penelitian diatas dapat disimpulkan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keaktifan, kerjasama, dan hasil belajar SKI peserta didik kelas IV SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133036 DWI NURINDAH
Date Deposited: 16 Jun 2017 03:25
Last Modified: 16 Jun 2017 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5257

Actions (login required)

View Item View Item