PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS V A MI DARUSSALAM NGENTRONG CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

ERIN MISDATUL AFIDA, 2817133045 (2017) PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS V A MI DARUSSALAM NGENTRONG CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (328kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Penerapan Metode Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik Kelas V A MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung”.Ditulis oleh Erin Misdatul Afida NIM:2817133045, dibimbing oleh Dr.H.As’aril Muhajir,M.Ag Kata Kunci : Metode Make a Match, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung yang hasil belajar peserta didik masih relatif rendah. Dalam hal ini, peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan metode Make a Match. Penerapan metode Make a Match dalam pembelajaran diharapakan dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan penerapan metode Make a Match untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi surat at-takatsur peserta didik kelas V A MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? 2) Bagaimana pelaksanaan penerapan metode Make a Match untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi surat at-takatsur peserta didik kelas V A MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? 3) Bagaimana evaluasi penerapan metode Make a Match meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi surat attakatsur peserta didik kelas V A MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengumpulkan data pada saat evaluasi penelitian tentang hasil belajar peserta didik kelas V A mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Sedangkan observasi digunakan untuk mengamati respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan metode pembelajaran make a match. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data dengan melihat laporan yang sudah tersedia termasuk dokumentasi pelaksanaan tindakan penelitian. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang harus dicapai dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan penerapan metode make a match mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi surat At-Takatsur menunjukkan adanya peningkatan. Pada tes awal (pre test) nilai rata-rata 61,22 dengan prosentase ketuntasan belajar 45,45%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I ketuntasan belajar meningkat menjadi 54,54% dengan nilai rata-rata 69,90, ketuntasan hasil belajar menunjukkan peningkatan setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi 95,45% dengan nilai rata-rata 86,81.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133045 ERIN MISDATUL AFIDA
Date Deposited: 14 Jun 2017 07:13
Last Modified: 14 Jun 2017 07:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5234

Actions (login required)

View Item View Item