PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI RELASI FUNGSI SISWA KELAS X MA SWASTA DI TULUNGAGUNG

ABDAI RISKA ROTAMYA, 2814133001 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI RELASI FUNGSI SISWA KELAS X MA SWASTA DI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (967kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (90kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Relasi Fungsi Siswa Kelas X MA Swasta di Tulungagung” ini ditulis oleh Abdai Riska Rotamya dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati, S. Pd., M.M. Kata kunci: guided discovery, hasil belajar, relasi fungsi Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang tergolong masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajaran konvensional yang tidak mengajak siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang inovatif. Dalam hal ini peneliti menghubungkan model pembelajaran Guided Discovery dengan hasil belajar siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui hasil belajar matematika materi Relasi Fungsi dengan model pembelajaran penemuan terbimbing, 2) Mengetahui adanya pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar siswa. 3) Mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Dalam eksperimen ini peneliti menggunakan eksperimen semu, dan menggunakan dua kelas sebagai penelitian, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA At-Thohiriyah ngantru tulungagung yang terdiri kelas X-A dan X-B. Karena di MA At-Thohiriyah kelas X hanya terdiri dari dua kelas, maka peneliti menggunakan kedua kelas tersebut sebagai obyek penelitian, yaitu kelas X-A yang terdiri dari 20 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran guided Discovery dan X-B terdiri dari 25 siswa sebagai kelas kontrol dengan model konvensional. Mata pelajaran yang diteliti adalah matematika dengan materi pokok relasi fungsi. Dalam penelitian ini digunakan metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data terkait data sekolah, data guru, dan data siswa. Sedangkan metode tes digunakan peneliti untuk memperoleh data hasil belajar siswa pada materi relasi fungsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen mencapai 75.4 yang tergolong baik dibanding dengan rata-rata kelas kontrol yaitu 59.04, 2) Ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel atau 3,128 > 2,021 dan Sig. (2-tailed) = 0.003 < 0.05, 3) Besar pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery) terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 0.98244, dan didalam tabel interpretasi cohen’s adalah 82%. Berdasarkan tabel interpretasi dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery) terhadap hasil belajar termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133001 ABDAI RISKA ROTAMYA
Date Deposited: 13 Jun 2017 07:36
Last Modified: 13 Jun 2017 07:36
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/5218

Actions (login required)

View Item View Item