PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS I MI BAITURROHMAN SUWALUH PAKEL TULUNGAGUNG

VARIDA NURUL ‘AINI, 2817133201 (2017) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS I MI BAITURROHMAN SUWALUH PAKEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (874kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (327kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Contextual Teaching and Learning dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas I MI Baiturrohman Suwaluh Pakel Tulungagung” ini ditulis oleh Varida Nurul ‘Aini, NIM. 2817133201, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Drs. H. Timbul, M.Pd.I Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning, Media Audio Visual, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pembelajaran Fiqih MI Baiturrohman Suwaluh Pakel Tulungagung yang hasil belajar peserta didik masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media Audio Visual. Penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Media Audio Visual dalam proses pembelajaran diharap dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran Fiqih, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kerjasama pada mata pelajaran Fiqih materi thaharah melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning dengan media Audio Visual peserta didik kelas I MI Baiturrohman Suwaluh Pakel Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peningkatan keaktifan pada mata pelajaran Fiqih materi thaharah melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning dengan media Audio Visual peserta didik kelas I MI Baiturrohman Suwaluh Pakel Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih materi thaharah melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning dengan media Audio Visual peserta didik kelas I MI Baiturrohman Suwaluh Pakel Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan peningkatan kerjasama pada mata pelajaran Fiqih materi thaharah melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning dengan media Audio Visual peserta didik kelas I MI Baiturrohman Suwaluh Pakel Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan keaktifan pada mata pelajaran Fiqih materi thaharah melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning dengan media Audio Visual peserta didik kelas I MI Baiturrohman Suwaluh Pakel Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 (3) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih materi thaharah melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning dengan media Audio Visual peserta didik kelas I MI Baiturrohman Suwaluh Pakel Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanan (planing), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap trefleksi (reflection). Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas I MI Baiturrohman Suwaluh Pakel Tulungagung yang terdiri atas 12 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Fiqih peserta didik kelas I MI Baiturrohman Suwaluh Pakel Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Fiqih, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan peneliti. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai KKM 75. Hasil Penelitian menunjukan telah terjadi peningkatan kemampuan kerjasama peserta didik mata pelajaran Fiqih pokok bahasan thaharah. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi kerjasama peserta didik pada siklus I dengan kriteria keberhasilan tindakan tergolong cukup dengan prosentase rata-rata 65,62% dan pada siklus II kriteria keberhasilan tindakan meningkat menjadi baik sekali dengan prosentase rata-rata 78,12%. Kemudian juga terjadi peningkatan kemampuan keaktifan peserta didik mata pelajaran Fiqih materi thaharah. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi keaktifan peserta didik pada siklus I dengan kriteria keberhasilan tindakan tergolong cukup dengan prosentase rata-rata 67,87% dan pada siklus II kriteria keberhasilan tindakan meningkat menjadi sangat baik dengan prosentase rata-rata 82,50%. Dan telah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Fiqih materi thaharah. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh peneliti yaitu pada tes awal (pre test) nilai rata-rata peserta didik 57,72 dengan prosentase ketuntasan 27,27%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata peserta didik hanya mencapai 67,27 dengan prosentase ketuntasan 31,81% dan pada waktu siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 87,72 dengan prosentase ketuntasan 95,45%, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning dengan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih peserta didik kelas I MI Baiturrohman Suwaluh Pakel Tulungagung tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133201 VARIDA NURUL ‘AINI
Date Deposited: 13 Jun 2017 01:47
Last Modified: 13 Jun 2017 01:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5199

Actions (login required)

View Item View Item