PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SKI POKOK BAHASAN HIJRAH KE THAIF PESERTA DIDIK KELAS IV MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

DEFI MURYANTI, 2817133023 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SKI POKOK BAHASAN HIJRAH KE THAIF PESERTA DIDIK KELAS IV MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (65kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SKI Pokok Bahasan Hijrah ke Thaif Peserta didik kelas IV MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Defi Muryanti, NIM: 2817133023, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar Peserta didik, Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di sekolah, dimana peserta didik kurang tanggap dalam mengikuti pembelajaran. Dimana saat guru menyampaikan materi pelajaran sebagian peseta didik ada yang mengobrol dengan teman sebangkunya ada juga yang bermain sendiri, tetapi ada juga yang memperhatikan penjelasan guru walaupun hanya sebagian kecil. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalah tersebut melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share. Dengan adanya model ini dalam proses pembelajaran, di harapkan dapat mendorong dan menarik perhatian peserta didik untuk melakukan proses kegiatan pembelajaran secara baik. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses pembelajaran SKI pokok bahasan hijrah ke thaif melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS peserta didik kelas IV MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung? dan 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar SKI pokok bahasan hijrah ke Thaif melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS peserta didik kelas IV MI Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas. sebanyak dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: Perencanaan (planning), Melaksanakan tindakan (acting), Pengamatan (observing) dan Refleksi (reflection). Sasaran penelitian ini MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung peserta didik kelas IV, dengan jumlah peserta didik 27. Teknik dalam pengumpulan data antara lain: tes, Observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share yaitu: 1) Pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan keaktifan dalam kerjasama menjadi lebih baik 2) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share ini dapat meningkatkan hasil belajar.Peningkatan mulai pre test, post test siklus I, sampai post test siklus II. hal ini di ketahui dari prosentase ketuntasan belajar dengan penerapan model kooperatif tipe Think Pair and Share juga meningkat dari siklus I sebesar 62,98%, kemudian meningkat sebesar 92,59% dari prosentase ketuntasan kelas yang di harapkan peneliti yaitu 75% dalam satu kelas

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133023 DEFI MURYANTI
Date Deposited: 08 Jun 2017 07:04
Last Modified: 08 Jun 2017 07:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5157

Actions (login required)

View Item View Item