IMPLEMENTASI NILAI NILAI AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH (ASWAJA) DALAM PEMBELAJARAN SISWA DI MTS DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR

M SAYYIDUL ABRORI, 2811133144 (2017) IMPLEMENTASI NILAI NILAI AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH (ASWAJA) DALAM PEMBELAJARAN SISWA DI MTS DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (14MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah (ASWAJA) Dalam Pembelajaran Siswa di MTs Darussalam Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Muhammad Sayyidul Abrori, NIM 2811133144, Pembimbing Dr. H. Syamsun Ni’am, M. Ag. NIP 19730214 200003100 1. Kata Kunci : Implementasi, Nilai-Nilai Aswaja, Pembelajaran Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemerosotan akhlak. Hal ini sering terjadi pada anak usia sekolah menengah pertama atau Madrasah Tsanawiyah. Anak pada usia ini condong bergaul dengan teman sebayanya dan mudah terpengaruh oleh teman sejawatnya, bahkan mulai tumbuh keinginan untuk tampil beda agar mendapat perhatian dari anggota atau dari orang – orang di sekitarnya. Pengaruh negatif teman terhadap perilaku anak pada usia ini dampaknya cukup besar. Karena itu mereka memerlukan pendidikan agama yang termasuk di dalamnya terdapat nilai-nilai Aswaja guna membentuk akhlak yang mulia. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana Implementasi Nilai Tawasut dalam Pembelajaran Siswa di MTs Darussalam Kademangan Blitar? 2) Bagaimana Implementasi Nilai Tasamuh dalam Pembelajaran Siswa di MTs Darussalam Kademangan Blitar? 3) Bagaimana Implementasi Nilai Tawazun dalam Pembelajaran Siswa di MTs Darussalam Kademangan Blitar?. Dalam metode ini digunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan wawancara, ovservasi dan juga dokumentasi. Analisis data menggundakan triangulasi data yang meliputi data reduction (penolakan data). Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi nilai-nilai ASWAJA dalam pembelajaran siswa di MTs Darussalam Kademangan Blitar yang menekankan cerminan nilai-nilai Aswaja diwujudkan dalam bentuk kurikulum dan pelaksanaan pembelajaran dengan pembekalan teori , aktifitas ritual (amaliah-amaliah) dan pengajaran akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian Implementasi nilai-nilai Aswaja di MTs Darussalam Kademangan Blitar tidak hanya bersifat teoritis tetapi juga aplikatif. Skripsi ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran yang dapat dijadikan sebagai masukan untuk mengantisipasi permasalahan pendidikan Islam sekarang dan yang akan datang. Dengan study ini juga diharapkan dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan dibidang pendidikan Islam khususnya pada diri penulis dan umumnya kepda para pembaca. Untuk mengetahui aktualisasi serta relevansi tentang implementasi nilai-nilai ASWAJA dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd 2811133144 M SAYYIDUL ABRORI
Date Deposited: 05 Jun 2017 03:09
Last Modified: 05 Jun 2017 03:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5144

Actions (login required)

View Item View Item