PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS III MIN PANDANSARI NGUNUT TULUNGAGUNG

NILA MAULA ANTIKA, 2817133124 (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS III MIN PANDANSARI NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (135kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pesrta Didik Kelas III MIN Pandansari Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Nila Maula Antika dibimbing oleh Dr. Chusnul Chotimah M.Ag. Kata kunci: Model Cooperative Learning tipe Make A Match, Hasil Belajar IPA. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pembelajaran di MIN Pandansari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung, yang mana dalam penyampaian materi IPA masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang variatif, sehingga peserta didik kurang memperhatikan penjelasan materi dari guru, dan sulit memahami materi, yang mengakibatkan peserta didik kurang aktif dan bosan. Hal ini berdampak pada hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Fenomena tersebut menjadi ketertarikan peneliti untuk menerapkan model Cooperative Learning tipe Make A Match dalam pembelajaran IPA pada materi pertumbuhan pada makhluk hidup dan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan manusia. Model Cooperative Learning tipe Make A Match memiliki berbagai kelebihan yang pada dasarnya dapat melatih peserta didik untuk dapat bekerjasama dan saling bertukar pikiran dengan teman pada peserta didik kelas III MIN Pandansari Ngunut Tulungagung. Diharapkan dengan model cooperative learning tipe make a match tersebut dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model cooperative learning tipe Make A Match pada materi “pertumbuhan pada makhluk hidup dan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan manusia” peserta didik kelas III MIN Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA materi pertumbuhan pada makhluk hidup dan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan manusia” melalui penerapan model cooperative learning tipe Make A Match peserta didik kelas III MIN Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam siklus penelitian tindakan kelas terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi, angket dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 72. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Hal ini ditunjukkan dari hasil evaluasi yang diberikan oleh guru yaitu pada tes awal nilai rata-rata peserta didik 46,71% menjadi 61,90% pada tes siklus 1 dan naik lagi menjadi 89,33% pada tes siklus 2. Tingkat ketuntasan belajar peserta didik meningkat dari tes awal 19.04 % menjadi 23,80% pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 100% pada siklus 2. Kesimpulan dalam penelitian ini dengan menerapkan model cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas III MIN Pandansari Ngunut Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133124 NILA MAULA ANTIKA
Date Deposited: 02 Jun 2017 03:31
Last Modified: 02 Jun 2017 03:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5140

Actions (login required)

View Item View Item