PENERAPAN METODE TRANS SECTOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS III DI MI HIDAYATUL MUSTAFID KEDUNGLURAH POGALAN TRENGGALEK

NILA RIF’ATUL KHOIRUN NA’ILI, 2817133125 (2017) PENERAPAN METODE TRANS SECTOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS III DI MI HIDAYATUL MUSTAFID KEDUNGLURAH POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (338kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (120kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (213kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul: “Penerapan metode Trans Sector untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas III MI Hidayatul Mustafid Kedunglurah Pogalan Trenggalek”. Ini ditulis oleh Nila Rif’atul Khoirun Na’ili, NIM. 2817133125, dengan Dosen Pembimbing Dr. Mohamad Jazeri S. Ag., M. Pd. Kata Kunci: Peningkatan Motivasi, Keaktifan, dan Keterampilan Menulis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai keterampilan menulis yang menuntut perlu adanya peningkatan metode yang lebih efektif, efisien dan memiliki daya tarik bagi peserta didik. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah keterampilan menulis mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan motivasi dan keaktifan peserta didik di MI Hidayatul Mustafid Kedunglurah Pogalan Trenggalek. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini ialah (1) Bagaimana peningkatan motivasi belajar peserta didik, (2) Bagaimana peningkatan keaktifan belajar peserta didik serta (3) Bagaimana peningkatan kemampuan menulis peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis paragraf tentang mendeskripsikan pengamatan dilingkungan sekolah melalui penerapan metode Trans Sector peserta didik kelas III MI Hidayatul Mustafid Kedunglurah Pogalan Trenggalek. Adapun tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik, (2) untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar peserta didik, (3) untuk mengetahui kemampuan menulis peserta didik dalam pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis paragraf tentang mendeskripsikan pengamatan dilingkungan sekolah melalui penerapan metode Trans Sector peserta didik kelas III MI Hidayatul Mustafid Kedunglurah Pogalan Trenggalek. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu: perencanaan kegiatan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI Hidayatul Mustafid Kedunglurah Pogalan Trenggalek. Data yang diperoleh dari hasil test formatif, lembar observasi kegiatan pembelajaran, angket dan hasil wawancara. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan penerapan metode trans sector dengan hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Dari hasil angket siklus I rata-rata skor motivasi belajar peserta didik mencapai angka 1,76 yang termasuk dalam katagori positif sedangkan untuk rata-rata siklus II 1,86 yang artinya peserta didik memiliki motivasi dan respon yang sangat positif terhadap penerapan metode tersebut (2) Dari hasil observasi keaktifan belajar peserta didik dapat dilihat peningkatannya dari siklus I yang hanya memiliki taraf keberhasilan 51,19 (kurang baik) dan siklus II menjadi 83,45 (baik), (3) Dari hasil test kemampuan menulis deskripsi juga meningkat awalnya pada saat Pre Test ratarata nilainya 68 dari Post Test siklus I dengan nilai rata-rata 70,5 dan Post Test siklus II menjadi 76,21.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133125 NILA RIF’ATUL KHOIRUN NA’ILI
Date Deposited: 30 May 2017 06:19
Last Modified: 30 May 2017 06:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5113

Actions (login required)

View Item View Item