PENERAPAN MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PESERTA DIDIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA’DINUL ULUM KECAMATAN CAMPURDARAT KABUPATEN TULUNGAGUNG

NUR AWALIYATUL IFADIYAH, 2817133131 (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PESERTA DIDIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA’DINUL ULUM KECAMATAN CAMPURDARAT KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (347kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’dinul Ulum Campurdarat Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Awaliyatul Ifadiyah, NIM. 2817133131 Jurusan PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwowidodo M.Pd. Kata Kunci: Metode, Cooperatif Learning, Hasil Belajar. Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’dinul Ulum dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang belum optimal, hal ini ditandai dari banyaknya peserta didik yang mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu 70. Penyebabnya yaitu guru masih menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik kurang memahami materi dan hasil belajar rendah. Peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan model cooperatif learning tipe jigsaw dalam proses pembelajaran dengan tujuan meningkatkan kerjasama, partisipasi, dan hasil belajar peserta didik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah, (1) Bagaimana peningkatan kerjasama, (2) partisipasi dan (3) hasil belajar peserta didik melalui penerapan model cooperatif learning tipe jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi Alat Pernapasan Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’dinul Ulum Campurdarat Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017? Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk memaparkan Peningkatan kerjasama, (2) pastisipasi dan (3) hasil belajar peserta didik melalui penerapan model cooperatif learning tipe jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi Alat Pernapasan Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’dinul Ulum Campurdarat Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V pada Madrasah Ibtidaiyah Ma’dinul Ulum Campuradarat Tulungagung dengan jumlah 38 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Adanya peningkatan kerjasama peserta didik dari siklus I yaitu 58,00% dengan kriteria kurang menjadi 91,9% pada siklus II dengan kriteria sangat baik. (2) Hasil observasi menunjukkan bahwa partisipasi peserta didik juga menunjukkan peningkatan, pada siklus I yaitu 57% dengan kriteria kurang menjadi 85,6% pada siklus II dengan kriteria baik. (3) Adanya peningkatan hasil belajar pada pre test dengan rata-rata 58 (29%) menjadi 78 (73,68%) pada siklus I, dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II, xix dengan rata-rata 89,21 (89,47%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperatif learning tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi Alat Pernapasan Manuisa peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’dinul Ulum Campurdarat Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133131 NUR AWALIYATUL IFADIYAH
Date Deposited: 26 May 2017 07:24
Last Modified: 26 May 2017 07:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5104

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item