PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS RELIGI UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi kasus di SMP Mambaussholihin Sumber Sanankulon dan SMPIT Dandong Srengat Kabupaten Blitar)

ANIS ERNAWATI, 1756144006 (2017) PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS RELIGI UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi kasus di SMP Mambaussholihin Sumber Sanankulon dan SMPIT Dandong Srengat Kabupaten Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Abstrak Anis Ernawati, NIM: 1756144006, Pengembangan Kurikulum Berbasis Reliji Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di SMP Mambaussholihin Sumber Sanankulon dan SMPIT Ibadurahman Ndandong Srengat Kabupaten Blitar), Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan Agama Islam IAIN Tulungagung, Pembimbing Prof. Dr. H.Mujamil, M.Ag dan Dr. Mohamad Jazeri, MPd. Kata kunci: Kurikulum, Mutu pendidikan, Reliji Kurikulum memegang peranan yang sentral dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, Kurikulum yang selalu berganti-ganti itu menandakan belum berhasilnya pendidikan di Indonesia. Sebenarnya yang dibutuhkan bukan penggantian kurikulum, melainkan penyempurnaan (revisi) kurikulum. Cukup satu kurikulum saja, dengan catatan dapat mewakili semua hal dan kebutuhan pendidikan di wilayah tersebut dan akan terus disempurnakan sejalan dengan perkembangan zaman tanpa meninggalkan tujuan-tujuan yang belum tercapai di masa lalu.salah satu pengembangan kurikulum yang perlu dilakukan adalah pengembangan kurikulum berbasis reliji. Masalah dalam penelitian ini adalah (1). Bagaiamana prinsip-prinsip pengembangan kurikulum berbasis religi dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Mambaussholihin Sumber Sanankulon dan SMPIT Ibadurahman Ndandong Srengat, (2) Bagaimana langkah-langkah pengembangan kurikulum berbasisi religi dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Mambaussholihin Sumber Sanankulon dan SMPIT Ibadurahman Ndandong Srengat, (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pengembangan kurikulum berbasis religi dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Mambaussholihin Sumber Sanankulon dan SMPIT Ibadurahman Ndandong Srengat, (4) Bagaimana dampak kurikulum berbasis religi di SMP Mambaussholihin Sunber Sanankulon dan SMPIT Ibadurahman Srengat Kabupaten Blitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Menjelaskan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum berbasis religi dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Mambaussholihin Sumber Sanankulon dan SMPIT Ibadurahman Ndandong Srengat, (2) Untuk menggetahui langkah-langkah pengembangan kurikulum berbasisi reliji meningkatkan mutu pendidikan di SMP Mambausholihin Sumber Sanankulon dan SMPIT Ibadurahman Ndandong Srengat, (3) Untuk mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat pengembangan kurikulum berbasisi religi meningkatkan mutu pendidikan di SMP Mambaussholihin Sumber Sanankulon dan SMPIT Ibadurahman Ndandong Srengat, (4) Untuk megetahui dampak pengembangan kurikulum berbasis religi dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Mambaussholihin Sumber Sanankulon dan SMPIT Ibadurahman Ndandong Srengat Kabupaten Blitar. Penenlitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi kasus, Denah lokasi dilakukan di SMP Mambaussholihin Sumber Sanankulon dan SMPIT Ibadurahman Ndandong Srengat Kabupaten Blitar. Penelitian ini adalah di tunjuk dengan tehnik sumber data informan, peristiwa, lokasi dan dokumentasi, datanya primer dan sekunder, teknik observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data di lakukan dengan analisis data kualititatif, yaitu reduksi data, pemaparan data, verifikasi data, dan simpel akhir. Analisis data di lakukan pada data situs tunggal, dan lintas situs. Pengecekan keabsahan data di lakukan dengan menggunakan kredibilitas, dependibilitas, tranfarbilitas, dan konfirbilitas. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan (1) prinsip-prinsip pengembangan kurikulum berbasis religi di SMP Mambaussholihin dan SMPIT Ibadurahman dilakukan dengan: (a) Kepala sekolah bersama WK kurikulum, guru, murid melaksanakan visi misi sekolah. (b) Kepala sekolah menjadwalkan rapat awal tahun. (c) Mengadakan kegiatan imlak setiap tahun untuk sisiwa baru. (d) Mengadakan pelatihan untuk guru-guru. (2) Langkah-langkah pengembangan kurikulum di SMP Mambaussholihin dan SMPIT Ibadurahman dilakukan dengan: (a) Bulan ramadhan dibuat ujian semester (b) Adanya wisata reliji (c) Mengadakakan lomba satu muharram. (d) Milad SMP Mambaussholihin mengundang pembicara terkenal (e) Ta’ziah kepada tetangga terdekat. (f) Amal bakti kepada tetangga. (g) Kurikulum JSIT (jaringan sekolah islam terpadu). (h) Melakasanakan sholat berjamaah. (i) Mengadakan mabit pada bulan ramadhan. (j) Mengadakan kegiatan osis sejatim. (k) Kemah ukhuwah nasional yang diadakan oleh SMPIT sejatim. (l) Mengintegrasikan pelajaran umum sama penemunya pada masa sesudah nabi. (m) Menanamkan adab tholabul ilmi pada guru. (3) Faktor pendukung dan penghambat kurikulum di SMP Mambaussholihin dan SMPIT Ibadurahman dilakukan dengan: (a) Adanya shalat jamaah dan sholat ma’sunah. (b) Adanya lembar evaluasi sholat jamaah (c) Adanya baca dan menyimak Al-Quran sesuai dengan tingkatanya. (d) Dukungan penuh dari yayasan (e) Adanya koordinasi antar pusat tentang pembelajaran dan kegiatan untuk murid-murid. (f) Pembinaan kepribadian guru, kepala sekolah dan yayasan. (g) Adanya sistem sorogan dan kitab kuning. Sementara itu faktor penghambat kurikulum berbasis reliji adalah (a) SDM guru masih rendah. (b) Fasilitas belum memadahi. (c) Masih belum terjaminya keamanan. (4) Dampak positif dari pengembangan kurikulum berbasis reliji yang ada di SMP Mambaussholihin Sumber dan SMPIT Ibadurahman srengat adalah: (a) Berdampak pada kekuatan fisik. (b) Kebanyakan SDM lebih terasah dan siap diterjunkan di masyarakat.(c) Mempunyai kemandirian, karakter dalam memandang ilmu, baik ilmu dunia dan akhirat itu semua sama. (d) Dapat dukungan dari wali murid tentang pembelajaran. (e) Memecahkan masalah dalam menghadapi persoalan sholat dalam perjalanan. (f) Adanya persaingan positif antar SMP. (g) Memacu guru untuk mengikuti pelatihan di dalam kota maupun luar kota. (h) Mempelajari Al-Quran secara komprehensif.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1756144006 ANIS ERNAWATI
Date Deposited: 26 May 2017 07:21
Last Modified: 26 May 2017 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5103

Actions (login required)

View Item View Item