PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, KEAKTIFAN, DAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JAWA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 4 NGUNGGAHAN BANDUNG TULUNGAGUNG

RIFKI IKA AFIDA, 2817133154 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, KEAKTIFAN, DAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JAWA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 4 NGUNGGAHAN BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Abstrak.Pdf.pdf

Download (294kB)
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.Pdf.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.Pdf.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.Pdf.pdf

Download (342kB)
[img] Text
Bab 4.Pdf.pdf

Download (549kB)
[img] Text
Bab 5.Pdf.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.Pdf.pdf

Download (167kB)

Abstract

ABSTRAK Skipsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Motivasi, Keaktifan, dan, Keterampilan Membaca Peserta Didik Kelas IV SDN 4 Ngunggahan Bandung Tulungagung ini ditulis oleh Rifki Ika Afida, NIM. 2817133154, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. M. Jazeri, M. Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together, Motivasi, Keaktifan, dan Keterampilan Membaca. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca peserta didik kelas IV SDN 4 Ngunggahan Bandung Tulungagung dalam mata pelajaran Bahasa Jawa. Hal ini disebabkan karena metode yang digunakan guru kurang memotivasi peserta didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, maka upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan keterampilan membaca peserta didik kelas IV SDN 4 Ngunggahan Bandung Tulungagung adalah dengan menerapkan model Numbered Head Together pada mata pelajaran Bahasa Jawa pokok bahasan kesehatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana mendiskripsikan peningkatan motivasi (2) Bagaimana mendiskripsikan peningkatan keaktifan (3) Bagaimana mendiskripsikan peningkatan keterampilan membaca bahasa jawa materi kesehatan pada peserta didik kelas IV SDN 4 Ngunggahan Bandung Tulungagung. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan peningkatan motivasi (2) Mendiskripsikan peningkatan keaktifan (3) Mendiskripsikan peningkatan keterampilan membaca materi kesehatan pada peserta didik kelas IV SDN 4 Ngunggahan Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penilitian Tindakan Kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain observasi, tes, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan motivasi dapat dibuktikan dengan persentase pengamatan motivasi peserta didik yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 75% meningkat menjadi 90% (2) Peningkatan keaktifan dari siklus I ke siklus II yaitu 65% meningkat menjadi 85% (3) Peningkatan keterampilan membaca peserta didik dari pre test ke siklus I dan siklus II yaitu nilai rata-rata hasil pre test 71(57,14%) meningkat pada siklus I menjadi78,5 (71,42%) dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 84 (85,71%).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133154 RIFKI IKA AFIDA
Date Deposited: 26 May 2017 06:52
Last Modified: 26 May 2017 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5100

Actions (login required)

View Item View Item