PENGARUH SUPERVISI KEPALA MADRASAH TERHADAP KEBERHASILAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI MIN SUKOSEWU GANDUSARI BLITAR TAHUN AJARAN 2016/2017

ALVINA ROHMATUL JANNAH, 2811133029 (2017) PENGARUH SUPERVISI KEPALA MADRASAH TERHADAP KEBERHASILAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI MIN SUKOSEWU GANDUSARI BLITAR TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (585kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Kurikulum 2013 Di Min Sukosewu Gandusari Blitar Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi ini ditulis oleh ALVINA ROHMATUL JANNAH (2811133029), jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Drs. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata kunci: supervisi kepala madrasah, keberhasilan pembelajaran kurikulum 2013 Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ada bahwasanya kepala madrasah terkadang belum bisa menjadi seorang supervisor yang baik terhadap madrasah yang dipimpinnya khususnya dalam hal memilih model supervisi yang dapat diterima oleh guru, sehingga supervisi yang sedang berlangsung dapat berjalan dengan efektif sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. Dalam hal ini peneliti menghubungkan antara permasalahan supervisi kepala madrasah terhadap keberhasilan pembelajaran kurikulum 2013 di MIN Sukosewu Gandusari Blitar dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Apakah ada pengaruh supervisi klinis terhadap keberhasilan pembelajaran kurikulum 2013 di MIN Sukosewu Gandusari Blitar?; (2) Apakah ada pengaruh supervisi artistik terhadap keberhasilan pembelajaran kurikulum 2013 di MIN Sukosewu Gandusari Blitar?; (3) Adakah pengaruh antara supervisi klinis dan supervisi artistik terhadap keberhasilan pembelajaran kurikulum 2013? Prosedur penelitian: (1) Pendekatan penelitian : kuantitatif (2) Populasi: seluruh pendidik di lingkup MIN Sukosewu Gandusari Blitar (3) Sumber data: responden seluruh pendidik di lingkup MIN Sukosewu Gandusari Blitar (4) Variabel penelitian: (a) Variabel Independen: Supervisi Klinis dan Artistik (b) Variabel Dependen: Keberhasilan Pembelajaran Kurikulum 2013 (5) Metode pengumpulan data: angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data: teknik analisa data kuantitatif dengan menggunakan analisa statistik mulai dari uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, dan regresi ganda dengan bantuan SPSS for Windows 18.0. Hasil penelitian: (1)Terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi klinis terhadap keberhasilan pembelajaran kurikulum 2013 yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (4,987> 1,745).(2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi artistik terhadap keberhasilan pembelajaran kurikulum 2013 yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (2,405> 1,745). (3) Terdapat pengaruh supervisi kepala madrasah yaitu supervisi klinis dan supervisi artistik terhadap keberhasilan pembelajaran kurikulum 2013 di MIN Sukosewu Gandusari Blitar yang ditunjukkan dari nilai Fhitung (13,824) > Ftabel (4,667) dan tingkat signifikansi 0,001 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133029 ALVINA ROHMATUL JANNAH
Date Deposited: 26 May 2017 03:54
Last Modified: 26 May 2017 03:54
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/5099

Actions (login required)

View Item View Item