PENGARUH KEGIATAN KEAGAMAAN TERHADAP AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MTsN ARYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

MUHAMMAD HUSNUL MAAFI, 2811133178 (2017) PENGARUH KEGIATAN KEAGAMAAN TERHADAP AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MTsN ARYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (869kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (355kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar Rujukan.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kegiatan Keagamaan terhadap Akhlakul Karimah Siswa di MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung 2016/2017.” ditulis oleh Muhammmad Husnul Maafi, NIM: 3211113115, Tahun 2017, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Dr. Ahmad Tanzeh M.Pd.I Kata kunci : Kegiatan Keagamaan, Akhlakul Karimah Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Kegiatan Keagamaan terhadap Akhlakul Karimah Siswa di MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung 2016/2017. Kajiannya dilatarbelakangi oleh adanya kegiatan keagamaan di MTsN Aryojeding seperti shalat berjamaah, tadarus Al-Qur’an, ber-infaq, sholawat Al-Barjanji. Apakah dengan adanya kegiatan keagamaan yang diselenggarakan di sekolah tersebut, akan berpengaruh terhadap akhlak siswa kepada Allah, dan akhlak siswa kepada sesama. kemudian apakah dengan adanya kegiatan keagamaan akan menjadikan siswa berakhlakul karimah yakni mematuhi segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Apakah ada pengaruh kegiatan keagamaan terhadap akhlak siswa kepada Allah SWT.? (2) Apakah ada pengaruh kegiatan keagamaan terhadap akhlak siswa kepada sesama manusia ? (3) Apakah ada pengaruh secara bersama-sama dari kegiatan keagamaan terhadap akhlak siswa kepada Allah SWT dan akhlak siswa kepada sesama manusia ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) Mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan keagamaan terhadap pembentukan akhlak siswa kepada Allah SWT. (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan keagamaan terhadap pembentukan akhlak siswa kepada sesama manusia. (3) Mengetahui adakah pengaruh secara bersama-sama dari kegiatan keagamaan terhadap akhlak siswa kepada Allah SWT dan akhlak siswa kepada sesama manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung, dengan responden sebanyak 106 siswa. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Data diperoleh dengan cara penyebaran angket dengan jumlah soal 84 dan diberikan kepada 106 siswa dengan penyebaran angket untuk kelas VII sebanyak 38 siswa, kelas VIII sebanyak 36 siswa dan kelas IX sebanyak 32 siswa. Penyebaran data pada pengambilan sample tersebut menggunakan teknik proportionate stratified random sampling, sehingga diharapkan penggunaan sample dapat mewakili keseluruhan dari populasi yang ada. Semua data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu menggunakan teknik analisis korelasi product moment yang kemudian dianalisis dengan analisis regresi ganda untuk menguji hipotesis yang telah diajukan. Kajian menunjukkan (1) Berdasarkan hasil uji t tampak bahwa tingkat signifikansi thitung adalah 0,000 yakni lebih kecil dari 0,05 dan hasil perolehan analisis thitung = 33,625 lebih besar dari ttabel = 1,980. Hal ini berarti bahwa hubungan kegiatan keagamaan berpengaruh signifikan terhadap akhlak siswa kepada Allah dengan tingkat signifikansi 95%. Besarnya pengaruh kegiatan keagamaan terhadap akhlak siswa kepada Allah adalah 45,83% dan selebihnya 54,17% disebabkan oleh factor lain. (2) Berdasarkan hasil uji t tampak bahwa tingkat signifikansi thitung adalah 0,000 yakni lebih kecil dari 0,05 dan hasil perolehan analisis thitung = 38,620 lebih besar dari ttabel =1,980. Hal ini berarti bahwa hubungan kegiatan keagamaan berpengaruh signifikan terhadap akhlak siswa kepada sesama dengan tingkat signifikansi 95%. Besarnya pengaruh kegiatan keagamaan terhadap akhlak siswa kepada sesama adalah 45,56% memberikan pengertian bahwa akhlak siswa kepada sesama disebabkan oleh adanya kegiatan-kegiatan keagamaan yang diselenggarakan di madrasah dan selebihnya 54,44% disebabkan oleh factor lain. (3) Berdasarkan hasil uji F tampak bahwa hasil perolehan analisis Fhitung = 4,734 lebih besar dari Ftabel = 3,94. Hal ini berarti bahwa hubungan kegiatan keagamaan berpengaruh signifikan terhadap akhlakul karimah siswa di MTsN Aryojeding dengan tingkat signifikansi 95%. Besarnya pengaruh kegiatan keagamaan terhadap akhlakul karimah siswa di MTsN Aryojeding adalah 49,84% memberikan pengertian bahwa akhlakul karimah siswa dipengaruhi oleh adanya kegiatan-kegiatan keagamaan yang diselenggarakan di madrasah dan selebihnya 50,16% dipengaruhi oleh factor lain. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kegiatan kegiatan keagamaan yang diselenggarakan di MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung berpengaruh secara signifikan terhadap akhlakul karimah siswa, baik akhlak kepada Allah SWT. maupun akhlak kepada sesama.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133178 Muhammad Husnul Maafi
Date Deposited: 24 May 2017 03:11
Last Modified: 24 May 2017 03:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5082

Actions (login required)

View Item View Item