IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN SISWA DI MTS SYEKH SUBAKIR 2 SUMBERASRI KECAMATAN NGLEGOK KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2016/2017

SITI VIA MUFLIHATUL ULA, 2811133298 (2017) IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN SISWA DI MTS SYEKH SUBAKIR 2 SUMBERASRI KECAMATAN NGLEGOK KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (794kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (809kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (450kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode An-Nahdliyah Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Siswa Di MTs Syekh Subakir 2 Sumberasri Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Siti Via Muflihatul Ula dibimbing oleh: Hj. Luluk ‘Atirotuz Zahroh,S.Ag. M. Pd Kata kunci: Metode An-Nahdliyah, Pembelajaran membaca Al-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya kalangan masyarakat kita yang belum mengenal huruf hijaiyah atau tidak bisa membaca AlQur’an. Walaupun mempunyai kemampuan dalam membaca Al-Qur’an, masih banyak masyarakat yang minim kemampuannya dalam membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid secara benar. Permasalahan tersebut bukan hanya menimpa para siswa pelajar, tetapi berbagai kalangan dari mulai anak- anak, remaja, dewasa, dan lanjut usia. Dihadapkan dengan permasalahan tersebut, terdapat pembelajaran Al-Qur’an dengan menerapkan metode an-nahdliyah teknik klasikal, dan memakai ketukan dalam belajar membaca Al-Qur’an. Sehingga bisa menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut. Dalam penerapan metode an-nahdliyah menggunakan tehnik klasikal, yaitu berhadaphadapan secara langsung antara guru dan siswa. Tehnik ini bertujuan untuk menyimak jika terdapat kesalahan yang dilakukan siswa dalam membaca AlQur’an secara langsung. Sehingga metode an-nahdliyah ini dapat digunakan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran Al-Qur’an. Dalam hal ini peneliti mengangkat sebuah judul Implementasi Metode An-Nahdliyah Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Siswa Di MTs Syekh Subakir 2 Sumberasri Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Fokus Penelitian yang ada dalam skripsi ini adalah 1 . Bagaimana penerapan metode an-nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an siswa Di MTs Syekh Subakir 2 Sumberasri?; 2. Bagaimana evaluasi metode annahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an siswa Di MTs Syekh Subakir 2 Sumberasri?; 3. Apakah kelebihan dan kekurangan metode an-nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an siswa Di MTs Syekh Subakir 2 Sumberasri?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1. Untuk mendeskripsikan penerapan metode an-nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an siswa Di MTs Syekh Subakir 2 Sumberasri; 2. Untuk mendeskripsikan evaluasi metode an-nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an siswa Di MTs Syekh Subakir 2 Sumberasri; 3. Untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan metode an-nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an siswa Di MTs Syekh Subakir 2 Sumberasri. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Untuk metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang proses pembelajaran Al-Quran dengan menerapkan metode an-nahdliyah. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sarana- prasarana, dokumen siswa MTs Syekh Subakir 2 Sumberasri. i Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode an-nahdliyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an siswa Di MTs Syekh Subakir 2 Sumberasri1) menggunakan empat metode yaitu metode ceramah, drill, tanya jawab, dan demonstrasi. Didukung dengan menggunakan sumber belajar metode an-nahdliyah dan masuk pada intrasekolah 2) Dalam melakukan evaluasi terdapat 7 jenis tes yaitu pre test, harian, akhir jilid, belajar tahap akhir, bulanan, materi tambahan, dan pra munaqasah 3) kelebihannya yaitu mudah dipahami oleh anakanak, karena dalam metode ini anak-anak diajak untuk melagukan saat belajar AlQuran, sehingga dapat diterima oleh semua anak. Semua anak yang belajar lebih cepat tanggap, konsentrasi, dan mudah dikendalikan, juga menyenangkan. Serta melatih hubungan sosial, kerjasama, dan kekompakan, karena dalam proses pembelajaran ini dituntun secara bersama-sama untuk mengikuti ucapan guru, dan instrumen yang digunakan oleh guru tersebut. Sedangkan kekurangannya yaitu terkesan lebih aktif guru daripada muridnya. Tidak semua orang bisa mengajarkan/memakai metode ini, karena hanya untuk orang yang mempunyai persyaratan bisa membaca Al-Qur’an dengan baik, mempunyai loyalitas yang tinggi, dan sudah pernah mengikuti training. Serta siswa tidak bisa berkreasi sendiri dengan cara yang ia suka, karena harus mengikuti peraturan dan tata cara yang sudah ada

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133298 SITI VIA MUFLIHATUL ULA
Date Deposited: 05 Jun 2017 04:20
Last Modified: 05 Jun 2017 04:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4976

Actions (login required)

View Item View Item