PENGARUH KEBUTUHAN ANGGOTA, PROMOSI, DAN INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA MEMILIH PEMBIAYAAN BAI’ BITSAMAN AJIL (BBA) DI BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG

Sifachurromah, 2823133144 (2017) PENGARUH KEBUTUHAN ANGGOTA, PROMOSI, DAN INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA MEMILIH PEMBIAYAAN BAI’ BITSAMAN AJIL (BBA) DI BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (998kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (118kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kebutuhan Anggota, Promosi dan Informasi Terhadap Keputusan Anggota Memilih Pembiayaan Bai’ Bitsaman Ajil (BBA) di BMT Pahlawan Tulungagung” ini ditulis oleh Sifachurromah,NIM 2823133144, dan pembimbing Bapak Muhamad Aqim Adlan., M.E.I. Keputusan konsumen dalam menggunakan/mengkonsumsi barang/jasa dipengaruhi oleh banyak faktor. Konsumen akan mengkonsumsi barang/jasa tertangantung dari tingkat kepuasan yang diberikan oleh barang/jasa tersebut. Untuk mencapai tersebut konsumen senantiasa mempertimbangkan juga masalah barang yang dikonsumsi itu tidak haram. Pada dasarnya konsumen selalu mempertimbangkan banyak faktor dalam mengkonsumsi suatu barang/jasa, termasuk dalam menggunakan pembiayaan pada lembaga keuangan syariah pada BMT (Baitul Maal wa Tamwil). Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji dan menganalisa faktor yang mempengaruhi keputusan anggota dalam memilih pembiayaan khususnya dalam pembiayaan bai’ bitsaman ajil pada BMT Pahlawan Tulungagung. Faktor yang akan diteliti adalah kebutuhan anggota, promosi dan informasi. Sampel yang diambil dalam penelitian yang dilakukan yaitu anggota BMT yang menggunakan pembiayaan bai’ bitsaman ajil pada BMT Pahlawan Tulungagung. Untuk pemilihan sampel dilakukan secara sample random sampling dan dalam pengumpulan data diperoleh dari penyebaran angket/kuesioner kepada anggota BMT. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan metode Regresi Linier Berganda, yaitu analisis untuk mengetahui tingkat dari pengaruh variabel independen (kebutuhan anggota, promosi, dan informasi) terhadap variabel dependen (keputusan anggota memilih pembiayaan bai’ bitsaman ajil) dengan dibantu seperangkat alat lunak SPSS 20.0 dalam melakukan pengujian analisis tersebut. Data-data yang telah memenuhi yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji asumsi klasik yang diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukan bahwa variabel kebutuhan anggota, promosi, dan informasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan anggota memilih pembiayaan bai’ bitsaman ajil. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel kebutuhan anggota,promosi, dan informasi berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama dalam keputusan anggota memilih pembiayaanbai’ bitsaman ajil. Untuk angka Adjusted R Square sebesar 0,686 menunjukan bahwa 68,6% variasi keputusan anggota memilih pembiayaan bai’ bitsaman ajil bisa dijelaskan oleh ketiga variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 31,4% dijelaskan oleh variabel lain diluar dari ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 2823133144 Sifachurromah
Date Deposited: 24 May 2017 03:35
Last Modified: 24 May 2017 03:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4946

Actions (login required)

View Item View Item