PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS III SUNGPATHANA-DEKLEK MASJID AL AMIN SUNGAI KOLOK NARATHIWAT THAILAND

LIANA KURNIAWATI, 2817123089 (2017) PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS III SUNGPATHANA-DEKLEK MASJID AL AMIN SUNGAI KOLOK NARATHIWAT THAILAND. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (341kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Quantum Teaching and Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas III Sungpathana-Deklek Masjid Al Amin Sungai Kolok Narathiwat Thailand“ ini ditulis oleh Liana Kurniawati dibimbing oleh Muhamad Zaini, M.A Kata kunci: Quantum Teaching and Learning, Minat, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh beberapa hal, salah satunya adalah kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi-materi yang disampaikan guru. Kondisi tersebut disebabkan karena: (1) Perbedaan karakteristik peserta didik dalam kelas yang bermacam-macam, (2) Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran kurang bervariasi, (3) Pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang maksimal. Oleh karena itu, minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris khususnya di Sungpathana-Deklek Masjid Al Amin Sungai Kolok Narathiwat Thailand termasuk dalam kategori masih rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, upaya yang dilakukan oleh peneliti adalah mengakrabkan Bahasa Inggris dengan lingkungan anak, serta menggunakan metode dalam pembelajaran yang tepat dan menjadikan Bahasa Inggris sebagai pelajaran yang menyenangkan, yaitu dengan Metode Quantum Teaching and Learning. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peningkatan minat melalui penerapan metode Quantum Teaching and Learning mata pelajaran Bahasa Inggris materi warna peserta didik kelas 3 Sungpathana-Deklek Masjid Al Amin Sungai Kolok Narathiwat Thailand? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar melalui penerapan metode Quantum Teaching and Learning mata pelajaran Bahasa Inggris materi warna peserta didik kelas 3 Sungpathana-Deklek Masjid Al Amin Sungai Kolok Narathiwat Thailand? Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Menjelaskan peningkatan minat penerapan metode Quantum Teaching and Learning pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi warna peserta didik kelas 3 Sungpathana-Deklek Masjid Al Amin Sungai Kolok Narathiwat Thailand, (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris materi warna dengan menggunakan metode Quantum Teaching and Learning pada peserta didik kelas 3 Sungpathana-Deklek Masjid Al Amin Sungai Kolok Narathiwat Thailand. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) Menyusun perencanaan (planning), (2) Melaksanakan tindakan (acting), (3) Pengamatan (observing), (4) Refleksi (reflection). Subjek penelitian adalah kelas III-A Sungpathana-Deklek Masjid Al Amin Sungai Kolok Narathiwat Thailand yang terdiri dari 21 siswa. Instrumen yang digunakan peneliti adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktifitas siswa, lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu (1) Reduksi data, (2) Penyajian data dan (3) Menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya dilakukan dengan : (1) Ketekunan pengamatan, (2) Triangulasi dan (3) Pengecekan teman sejawat (guru lain). Indikator keberhasilan dilihat dari indikator proses dan indikator hasil belajar/ pemahaman 75% dari peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Quantum Teaching and Learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas III-A Sungpathana-Deklek Masjid Al Amin Sungai Kolok Narathiwat Thailand pada materi pokok warna. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari nilai soal tes tiap siklus. Rata-rata hasil tes awal 63,00 pada siklus 1 menjadi 71,00 dan pada siklus II naik menjadi 93,50 Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari 37,00%, pada siklus I 71,00% dan pada siklus II menjadi 95,00%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123089 liana kurniawati
Date Deposited: 08 Mar 2017 06:58
Last Modified: 08 Mar 2017 06:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4875

Actions (login required)

View Item View Item