PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN SOBONTORO 2 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

AHMAT YULIANTO, 2817123004 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN SOBONTORO 2 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (856kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (302kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (434kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Sobontoro 2 Boyolangu Tulungagung ” ini ditulis oleh AhmaYulianto,NIM. 28171233004, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. H. Abdul Aziz, M.Pd.I . Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Pembelajaran, Make A Match. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran IPA disekolah, dimana hasil belajar siswa masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan model Make A Match. Penggunaan model Make A Match , yaitu model pembelajaran mencari pasangan dengan menemukan kartu untuk menemukan jawaban / soal dimana dalam tahap penerapanya meliputi, pembagian kartu pada setiap siswa, pencarian pasangan, pemberian poin sekaligus pengoreksian. Dalam proses belajar mengajar diharap dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar IPA, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada mata pelajaran IPA materi sumber energi, kegunaanya dan cara menghemat untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Sobontoro 2 Boyolangu Tulungagung?, 2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperati tipe Make A Match pada mata pelajaran IPA materi sumber energi, kegunaanya dan cara menghemat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Sobontoro 2 Boyolangu Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada mata pelajaran IPA materi sumber energi, kegunaanya dan cara menghemat untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Sobontoro 2 Boyolangu Tulungagung ?, 2) Meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi sumber energi, kegunaanya dan cara menghemat untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Sobontoro 2 Boyolangu Tulungagung? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Sobontoro 2 Boyolangu Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber energi, kegunaanya dan cara menghemat. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar peserta didik pada tes siklus I yakni sebesar 58,33 % yang sebelumnya pada pelaksanaan pre tes hanya sebesar 39,13 %, dan selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 91,30%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Sobontoro 2 Boyolangu Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123004 AHMAT YULIANTO
Date Deposited: 20 Feb 2017 06:49
Last Modified: 20 Feb 2017 06:49
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/4845

Actions (login required)

View Item View Item