IMPLEMENTASI KEGIATAN SHALAT DHUHA BERJAMA’AH DI MTsN BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN 2015/2016

M. Haris Fahrurozi, 2811123164 (2017) IMPLEMENTASI KEGIATAN SHALAT DHUHA BERJAMA’AH DI MTsN BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (703kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (614kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (97kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Kegiatan Shalat Dhuha Berjama’ah di MTsN Bandung Tulungagung Tahun 2015/2016” ini ditulis oleh Muhammad Haris Fahrurozi, NIM.2811123164, dibimbing oleh Drs. H. Muh.Kharis, M.Pd Kata Kunci :Implementasi,Shalat Dhuha,Jama’ah Penelitian ini dilatar belakangi oleh merebaknya kenakalan remaja yang kian tidak terkendali. Banyak sekali Remaja yang tidak mengenal aturan dan seringkali berbuat hal yang tidak sewajarnya. Merosotnya nilai moral pada generasi muda membuat beberapa lembaga pendidikan berusaha untuk meminimalisir dan membentengi siswanya dari pengaruh buruk perkembangan zaman. Salah satunya seperti yang dilakukan di MTsN Bandung yaitu dengan membiasakan shalat dhuha di sekolah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi Shalat Dhuha Berjama’ah di MTsN Bandung? (2) Bagaimana manfaaat kegiatan shalat dhuha berjama’ah di MTsN Bandung?(3) Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat kegiatan shalat dhuha berjama’ah di MTsN Bandung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui implementasi kegiatan sholat dhuha berjama’ah di MTsN Bandung? (2) Untuk mengetahui dan manfaat shalat dhuha berjama’ahdi MTsN Bandung. (3) Untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat shalat dhuha berjama’ah di MTsN Bandung. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala MTsN Bandung sebagai bahan laporan atau sebagai pedoman dalam mengambil kebijakan tentang kegiatan shalat dhuha maupun kegiatan keagamaan lainnya, bagi guru MTsN Untuk mengetahui pentingnya shalat dhuha dalam kegiatan sehari hari, dan bagi peneliti yang akan datang, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan kajian penunjang untuk meneliti hal-hal yang berkaitan dengan topik tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, lokasi penelitiannya di MTsN Bandung, sumber datanya di dapat melalui tiga unsure yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil Penelitian ini adalah : (1) Implementasi Kegiatan Shalat Dhuha Berjama’ah di MTsN Bandung dilakukan setiap hari pada jam istirahat yaitu sekitar pukul 09.30 WIB sampai pukul 10.10 WIB. Shalat Dhuha Berjama’ah dilakukan setiap hari kecuali pada hari Jum’at karena pada hari Jum’at masjid dibersihkan. Pada Implementasinya, Shalat Dhuha Berjama’ah dikondisikan oleh para guru piket dan OSIS bidang keagamaan untuk selalu mengarahkan dan membimbing siswa agar semua siswa melaksanakan shalat dhuha bersama.(2) Manfaat kegiatan shalat dhuha berjamaah agar siswa dan siswi tidak terbiasa menyia-nyiakan waktu, sebagai salah satu jalan pembuka harapan datangnya hidayah keilmuan dari Allah SWT, dimudahkan dalam menerima pelajaran, dimurahkan rezeki (bukan hanya harta, tapi juga rezeki kesehatan dan ilmu), agar terwujudnya tujuan MTsN Bandung Tulungagung untuk mencapai insan yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, berilmu pengetahuan agama dan umum, sehat jasmani dan rohani, mampu membimbing umat untuk memperoleh kebahagian dunia akhirat.(3) faktor yang menghambat dan faktor yang mendukung shalat dhuha berjama’ah di MTsN Bandung, beberapa faktor yang menghambat yaitu berasal dari diri siswa itu sendiri. Terkadang siswa merasa malas untuk pergi ke masjid dan melaksanakan shalat dhuha. Namun hal tersebut dapat segera diatasi dengan adanya penertiban dan bagi siswa yang tidak melaksanakan shalat akan diberikan nasehat dan diberikan pengarahan. Ada beberapa faktor yang mendukung shalat dhuha berjama’ah di MTsN Bandung ini, antara lain yaitu adanya renovasi perluasan tempat wudhu, tersedianya perlengkapan ibadah seperti mukena, sarung, sajadah, Al-Qur’an dan juga buku-buku tahlil. Selain itu masjid juga sudah dilengkapi oleh kipas angi dan sound system yang bagus sehingga akan menambah kenyamanan dalam melaksanakan ibadah..

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123164 M. Haris Fahrurozi
Date Deposited: 16 Feb 2017 03:30
Last Modified: 16 Feb 2017 03:30
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/4823

Actions (login required)

View Item View Item