PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V MIN KOLOMAYAN WONODADI BLITAR

RIKA AYU CANDRA, 2817123137 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V MIN KOLOMAYAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (130kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Peserta Didik Kelas V MIN Kolomayan Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Rika Ayu Candra, NIM: 2817123137, skripsi jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata Kunci : Model Numbered Heads Together (NHT), Prestasi Belajar, IPS. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah (MI) selama ini lebih menekankan kepada metode pembelajaran yang konvensional, di mana saat proses pembelajaran berlangsung gurulah yang cenderung lebih aktif dan siswa hanya pasif, sehingga siswa merasa cepat bosan. Akibatnya, prestasi belajar siswa kurang baik. Berangkat dari permasalahan inilah peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together untuk meningkatkan prestasi belajar IPS materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia, di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana mekanisme model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan kegiatan ekonomi di Indonesia peserta didik kelas V di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana karakteristik model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan kegiatan ekonomi di Indonesia peserta didik kelas V di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar? (3) Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan kegiatan ekonomi di Indonesia peserta didik kelas V di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan mekanisme penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan Kegiatan Ekonomi di Indonesia peserta didik kelas V di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar (2) Untuk menjelaskan karakteristik peningkatan prestasi belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan kegiatan ekonomi di Indonesia peserta didik kelas V di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar (3) Untuk menjelaskan peningkatan prestasi belajar siswa dari hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan Kegiatan Ekonomi di Indonesia peserta didik kelas V di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas V MIN Kolomayan Wonodadi Blitar dengan jumlah 34 siswa. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan, bahwa prestasi belajar siswa telah meningkat. Peningkatan prestasi belajar dapat dibuktikan dengan nilai siswa yang semakin membaik. Nilai rata-rata siswa pada tes formatif siklus I yaitu 65,85 dengan persentase ketuntasan belajar 58,82%. Kemudian nilai rata-rata siswa pada siklus II meningkat menjadi 87,27 dengan persentase ketuntasan belajar 87,88%. Data tersebut membuktikan, bahwa prestasi belajar siswa bisa meningkat dengan penerapan model pembelajaran numbered heads together.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123137 RIKA AYU CANDRA
Date Deposited: 03 Apr 2017 01:48
Last Modified: 03 Apr 2017 01:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4766

Actions (login required)

View Item View Item