Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengaktualisasikan Nilai-nilai Religius di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016

YOGI SETYAWAN, 2811123234 (2017) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengaktualisasikan Nilai-nilai Religius di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I pendahuluan.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Kajian Pustaka.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Metode Penelitian.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Hasil Penelitian.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Pembahasan.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI Penutup.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengaktualisasikan Nilai-Nilai Religius di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Yogi Setyawan dibimbing oleh: Drs.Nurul Hidayat, M. Ag. Kata kunci: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Nilai-Nilai Religius Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidikan yang dilaksanakan di sekolah selama ini memang cenderung sangat teoritik dan dirasa tidak ada relevansinya dengan lingkungan dimana peserta didik tinggal. Sehingga tidak jarang dalam kehidupan sehari-hari peserta didik tidak mampu menerapkan apa yang dipelajarinya dibangku sekolah untuk memecahkan masalah sekaligus memenuhi tuntutan hidup di masyarakat. Akhir-akhir ini banyak anak pada lupa akan kewajibannya terhadap Tuhan dan lebih mementingkan unsur-unsur keduniawian. Banyak anak-anak yang lupa shalat, puasa, mengaji, akibatnya kenakalan remaja semakin meraja rela. Padahal mereka disekolah sudah mengenyam Pendidikan Agama Islam. Maka dari itu, untuk mewujudkan agar peserta didik mampu memahami dan menerapkan nilai-nilai religius (keagamaan) lebih mendalam, guru agama berupaya untuk mengaktualisasikan nilai-nilai religius melalui kegiatan pembiasaan religius di SMAN 1 Rejotangan. Fokus penelitian skripsi ini adalah 1 .Bagaimana upaya guru PAI dalam Mengaktualisasikan nilai-nilai religius di SMAN 1 Rejotangan ?;2.Bagaimana faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam mengaktualisasikan nilai-nilai religius di SMAN 1 Rejotangan ?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1. Untuk mengetahui upaya guru PAI dalam mengaktualisasikan nilai-nilai religius di SMAN 1 Rejotangan.; 2. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam mengaktualisasikan nilai-nilai religius di SMAN 1 Rejotangan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Untuk metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang strategi guru PAI dalam mengaktualisasikan nilai-nilai religius terhadap siswa di SMAN 1 Rejotangan. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sarana-prasarana, dokumen guru dan siswa SMAN 1 Rejotangan. Dalam melakukan analisis data tahap-tahap yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data tahap-tahap yang dilakukan adalah triangulasi, ketekunan pengamat, perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru PAI dalam mengaktualisasikan nilai-nilai religius di SMAN 1 Rejotangan sudah berjalan dengan baik. Strategi yang digunakan yaitu melalui cara penekanan terhadap siswa dengan diwujudkannya kegiataan pembiasaan religius, diantaranya pembiasaan-pembiasaan, seperti: berwudhu, sholat dhuha, membaca asma‟ul husna, membaca surat-surat pendek/juz „amma dan doa-doa, tradisi senyum,sapa, salam, sopan santun, tata krama dan peduli lingkungan. Kemudian ada SKU (Syarat Kecakapan Ubudiyah) yang pelaksanaannya pada akhir pembelajaran atau di akhir semester, bentuk dari SKU ini berupa lembaran-lembaran didalamnya ada lafadz/kategori yang nantinya harus dihafalkan oleh siswa, contoh: hafalan suratsurat pendek, doa-doa, asma‟ul husna dll. Selain itu, ada kegiatan keagamaan, seperti: Seni Baca Al-Qur‟an (SBQ), sholawat/hadrah dan tari rodat. Dari ke seluruhan pembiasaan ini, pelaksanaannya di dalam masjid. Faktor pendukung dari proses mengaktualisasikan nilai-nilai religius di SMAN 1 Rejotangan antara lain: adanya komitmen dari sekolah yang mendukung secara penuh kegiatan pembiasaan religius, sarana dan prasarana yang lengkap, adanya kerjasama dan komunikasi antara pihak sekolah dengan walimurid, dan motivasi guru PAI. Sedangkan faktor yang menghambat adalah latar belakang siswa yang heterogen, alokasi waktu atau jam pertemuan karena adanya kegiatan sekolah, liburan sekolah atau rapat para guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 281123234 YOGI SETYAWAN
Date Deposited: 31 Jan 2017 02:08
Last Modified: 31 Jan 2017 02:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4717

Actions (login required)

View Item View Item