PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PESERTA DIDIK KELAS IV MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR

DAIMATUL KAROMAH, 2817123032 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PESERTA DIDIK KELAS IV MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (179kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Peserta Didik Kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Daimatul Karomah, NIM.2817123032, pembimbing bimbing Drs.H.Jani, MM. M.Pd Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang masih rendah. Hal ini dikarenakan kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran dan cara mengajar guru yang masih monoton dengan menggunakan metode yang kurang bervariasi. Akibatnya hasil belajar peserta didik kurang baik. Berangkat dari permasalahan inilah peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan Peninggalan Sejarah Indonesia peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsawpada mata pelajaran IPS pokok bahasan Peninggalan Sejarah Indonesia peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar Tahun ajaran 2015/2016? Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS pokok bahasan Peninggalan Sejarah Indonesia pada peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar Tahun ajaran 2015/2016? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Peninggalan Sejarah Indonesia peserta didik kelas IV di MI Darussalam Wonodadi Blitar Tahun ajaran 2015/2016 (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Peninggalan Sejarah Indonesia peserta didik kelas IV di MI DarussalamWonodadi Blitar Tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Yang menjadi subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar dengan jumlah 22 anak. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator dalam penelitian ini yaitu apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai. Berdasarkan paparan data dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan langkah-langkah kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar. Sedangkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsawpada mata pelajaran IPS pokok bahasan peninggalan sejarah indonesia ada peningkatan. Hal ini dibuktikan pada nilai rata-rata pre tes 45,54 meningkat pada post tes siklus I menjadi 69,09 kemudian meningkat menjadi 82,90 pada post tes siklus II.Dengan persentase ketuntasan pre tes 22,73% meningkat pada post tes siklus I 54,55% kemudian meningkat menjadi 81,81% pada post tes siklus II.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123032 DAIMATUL KAROMAH
Date Deposited: 18 Jan 2017 02:43
Last Modified: 18 Jan 2017 02:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4633

Actions (login required)

View Item View Item