PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV SD ISLAM TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG

KAMIM TOHARI, 2817123083 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV SD ISLAM TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV SD Islam Tanen Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Kamim Tohari yang dibimbing oleh Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata kunci : Picture and picture, Keaktifan dan Hasil belajar Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV di SD Islam Tanen, pada mata pelajaran IPS. Masalah utama yang ingin dijawab dalam peneitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kenampakan alam dan keragaman lingkungan pada peserta didik kelas IV SD Islam Tanen Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan keaktifan belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kenampakan alam dan keragaman lingkungan pada peserta didik kelas IV SD Islam Tanen Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kenampakan alam dan keragaman lingkungan pada peserta didik kelas IV SD Islam Tanen Rejotangan Tulungagung? Guna menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) adanya peningkatan keaktifan siswa yang mencapai 75%, (2) adanya peningkatan hasil belajar IPS siswa, yaitu meningkatnya hasil belajar siswa diatas KKM 70 yang mencapai 75% dari jumlah siswa kelas IV SD Islam Tanen Rejotangan Tulungagung. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. kedua peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran meningkat, yang meliputi: perhatian siswa, kerja kelompok, pengerjaan tugas, bertanya dan presentasi. Ratarata keaktifan siswa siklus I meningkat menjadi 69,21%, siklus II rata-rata keaktifan siswa lebih meningkat lagi menjadi 91,31%. ketiga hasil belajar pada siklus I meningkat dengan nilai rata-rata 70, pada siklus II lebih meningkat menjadi 84,73. Peningkatan hasil belajar siklus I 12,64 dan siklus II 14,73. Berdasarkan pencapaian hasil KKM yang sudah ditentukan oleh sekolah yaitu 70, setelah dilakukan penelitian pada siklus I siswa yang mencapai KKM adalah 68,42%, dan pada penelitian siklus II siswa yang mencapai KKM adalah 89,47%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123083 KAMIM TOHARI
Date Deposited: 16 Jan 2017 07:22
Last Modified: 16 Jan 2017 07:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4629

Actions (login required)

View Item View Item