PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PAILKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 SOBONTORO BOYOLANGU TULUNGAGUNG

BINTI MUSLIKAH, 2817123027 (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PAILKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 SOBONTORO BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (574kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan strategi pembelajaran PAILKEM untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SDN 2 Sobontoro Boyolangu Tulungagung” yang ditulis oleh Binti Muslikah, NIM. 2817123027, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pembimbing: Moh. Arif, M.Pd Kata kunci : Strategi Pembelajaran PAILKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, dan Menarik ), hasil belajar, IPA Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah kegiatan dalam proses belajar mengajar di Sekolah Dasar yang biasanya kita temui peserta didik mengalami kesulitaan belajar terlebih pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Untuk bisa belajar dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentang materinya dan membahasnya dengan orang lain. Selain itu, peserta didik perlu mengerjakannya, yaitu dengan menggambarkan sesuatu dengan caranya sendiri, dengan begitu peserta didik akan lebih mempunyai wawasan yang luas tentang belajar mereka. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu diterapkannya strategi PAILKEM untuk menciptakan inovasi-inovasi pembelajaran agar kegiatan belajar mengajar membuat siswa merasa senang, tidak bosan dan aktif dalam mempelajari materi. Dengan demikian tujuan pendidikan akan tercapai secara optimal. Strategi pembelajaran PAILKEM sebagai salah satu pembelajaran yang dapat memudahkan peserta didik dalam belajar memahami materi pelajaran dan menjadikan proses pembelajaran tidak membosankan, diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kompetensi dasar energi alternatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana proses pelaksanaan strategi pembelajaran PAILKEM pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN II Sobontoro Boyolangu Tulungagung? 2). Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui strategi pembelajaran PAILKEM di SDN II Sobontoro Boyolangu Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan propses pelaksanaan strategi pembelajaran PAILKEM pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN II Sobontoro Boyolangu Tulungagung.2). Meningkatkan hasil belajar melalui penerapan strategi pembelajaran PAILKEM di SDN II Sobontoro Boyolangu Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sebanyak dua siklus. Subjek penelitian adalah kelas III SDN 2 Sobontoro Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 32 siswa. Instrumen yang digunakan peneliti adalah tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, wawancara dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran PAILKEM S melalui langkah-langkah sebagai berikut: 1) Kegiatan awal peneliti memulai pelajaran dengan mengucap salam dan berdoa, mengabsen, meyampaikan tujuan pembelajaran, dan memberi apresasi dan motivasi peserta didik. 2) Kegiatan inti peneliti menjelaskan materi pembelajaran, membagikan kartu berisi soal atau jawaban kepada peserta didik, dan meminta masing-masing dari peserta didik untuk mencari pasangan dari kartunya, lalu peserta didik mempresentasikan hasilnya di depan kelas. Kemudian memberikan kuis (soal rebutan) 3) Kegiatan penutup peneliti bersama peserta didik membuat kesimpulan, memberikan reward, memberikan motivasi, dan mengakhiri pelajaran dengan mengucap salam. Sedangkah hasil belajar melalui penerapan strategi pembelajaran PAILKEM pada kompetensi dasar energi alternative ada peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil pre test mencapai 55,3, sedangkan pada siklus I menjadi 60,1 dan pada siklus II naik menjadi 74. Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari 31,25%, pada siklus I menjadi 50% dan pada siklus II naik menjadi 75%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123027 BINTI MUSLIKAH
Date Deposited: 16 Jan 2017 03:21
Last Modified: 16 Jan 2017 03:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4619

Actions (login required)

View Item View Item