PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V MI AL HIDAYAH 02 BETAK KECAMATAN KALIDAWIR TULUNGAGUNG

ASRIL BADRIYAH, 2817123023 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V MI AL HIDAYAH 02 BETAK KECAMATAN KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (727kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (142kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas V MI Al Hidayah 02 Betak Kecamatan Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Asril Badriyah, NIM: 2817123023, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati, S.Pd. MM. Kata kunci: Numbered Head Together, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik cenderung pasif sebagai pendengar setia dari ceramah guru sehingga peserta didik menjadi jenuh, peserta didik terkadang berbicara dengan teman ketika dijelaskan oleh guru. Sehingga prestasi belajar peserta didik kurang memuaskan. Oleh karena itu, pada penelitian tindakan kelas ini mencoba untuk mengatasi rendahnya prestasi belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran IPA.Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) memiliki beberapa kelebihan yang pada dasarnya dapat melatih peserta didik untuk dapat bekerja sama dan menghargai pendapat orang lain untuk aktif pada peserta didik kelas V MI Al Hidayah 02 Betak Kecamatan Kalidawir Tulungagung. Diharapkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Pesawat Sederhana peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah 02 Betak? (2) Bagaimana prestasi belajar peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Pesawat Sederhana peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah 02 Betak?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Pesawat Sederhana peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah 02 Betak. (2) Menjelaskan peningkatan prestasi belajar peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Pesawat Sederhana peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah 02 Betak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan (plan), tahap pelaksanaan (act), tahap observasi (observe) dan refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar IPA peserta didik kelas V MI Al Hidayah 02 Betak Kecamatan Kalidawir Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran IPA, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) peneliti membagi kelas menjadi 4 kelompok, kemudian peneliti memberikan nomor selanjutnya meminta peserta didik untuk menempel nomor yang diberikan ditempel di dahi masing-masing peserta didik kemudian peneliti membagikan lembar kerja kelompok kepada masing-masing kelompok dan meminta setiap kelompok untuk melakukan diskusi dengan kelompoknya. (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas V MI Al Hidayah 02 Betak Kecamatan Kalidawir Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata nilai peserta didik dari 48.19 (pre test) dengan prosentase ketuntasan 4.76%, menjadi 68.09 (post test siklus I) dengan prosentase ketuntasan 38.09%, meningkat menjadi 94.33 (post test siklus II) dengan prosentase ketuntasan 95.23%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas V MI Al Hidayah 02 Betak Kecamatan Kalidawir Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123023 ASRIL BADRIYAH
Date Deposited: 16 Jan 2017 01:56
Last Modified: 16 Jan 2017 01:56
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/4615

Actions (login required)

View Item View Item