PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA KARANGSONO NGUNUT TULUNGAGUNG

LINDA KHUSNAINI SUPRIHATIN, 2817123091 (2017) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA KARANGSONO NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. COVER LUAR.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB II.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB III.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (51kB)
[img]
Preview
Text
10. Daftar Rujukan.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas IV MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Linda Khusnaini Suprihatin, NIM. 2817123091, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Penguasaan Kosakata Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pembelajaran Bahasa Arab di MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung yang penguasaan kosakata peserta didik masih kurang. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam proses pembelajaran diharap dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Arab, sehingga penguasaan kosakata peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kemampuan kerjasama melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) mata pelajaran Bahasa Arab pokok bahasan الأدوات المدرسية peserta didik kelas IV MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2015/2016?. (2) Bagaimana peningkatan penguasaan kosakata melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) mata pelajaran bahasa Arab pokok bahasan الأدوات المدرسية pada peseta didik kelas IV MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan kerjasama melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) mata pelajaran Bahasa Arab pokok bahasan الأدوات المدرسية peserta didik kelas IV MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. (2) Mendeskripsikan peningkatan penguasaan kosakata melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) mata pelajaran Bahasa Arab pokok bahasan الأدوات المدرسية peserta didik kelas IV MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan penguasaan kosakata peserta didik. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanan (planing), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap trefleksi (reflection). Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung yang terdiri atas 18 peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik perempuan. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Bahasa Arab peserta didik kelas IV MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Bahasa Arab, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan peneliti. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai KKM 70. Hasil Penelitian menunjukkan telah terjadi peningkatan kemampuan kerjasama peserta didik mata pelajaran Bahasa Arab pokok bahasanالأدوات المدرسية. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi kerjasama peserta didik pada siklus 1 dengan kriteria keberhasilan tindakan tergolong cukup dengan prosentase rata-rata 73,33% dan pada siklus 2 kriteria keberhasilan tindakan meningkat menjadi baik sekali dengan prosentase rata-rata 93,33%. Dan telah terjadi peningkatan penguasaan kosakata peserta didik mata pelajaran Bahasa Arab materi الأدوات المدرسية. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh peneliti yaitu pada tes awal (pre test) nilai rata-rata peserta didik 34,68 dengan prosentase ketuntasan 8%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata peserta didik hanya mencapai 67,28 dengan prosentase ketuntasan 32% dan pada waktu siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 82,00 dengan prosentase ketuntasan 88%, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab peserta didik kelas IV MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: linda 2817123091 linda khusnaini s
Date Deposited: 16 Jan 2017 02:00
Last Modified: 16 Jan 2017 02:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4613

Actions (login required)

View Item View Item