PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS V MIN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG

HANIK WAHYUNI, 2817123071 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS V MIN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (546kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Kelas V di MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Hanik Wahyuni NIM 2817123071 dibimbing oleh Muhammad Zaini, MA. Kata Kunci: Kooperatif, Group Investigation, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh motivasi, keaktifan dan hasil belajar yang rendah. Dengan nilai hasil belajar peserta didik kelas V MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits pokok bahasan hadis tentang ciri- ciri orang munafik dibawah KKM yang telah ditentukan yaitu 75. Hal ini disebabkan karena guru kurang maksimal dalam mengajarkan materi dan guru menggunakan metode ceramah kepada peserta didik, peserta didik masih cenderung ramai sendiri dan bosan saat pembelajaran berlangsung. Hal tersebut berdampak kurang baik terhadap hasil belajar peserta didik. Selain itu sebagian peserta didik mempunyai hambatan dalam proses belajar. Sebagian dari mereka masih kurang paham terhadap materi tetapi mereka hanya diam saja. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian dari mereka kurang aktif dan kurang termotivasi dengan metode ceramah tersebut. Untuk itu peneliti mengambil tindakan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe GI. Rumusan masalah skripsi ini adalah (1) Bagaimana peningkatan motivasi belajar Al Qur’an Hadits pada pokok bahasan hadis tentang ciri- ciri orang munafik melalui penerapan model pembelajaran Kooperati tipe Group Investigation peserta didik kelas V MIN Tunggangri Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana peningkatan keaktifan belajar Al Qur’an Hadits pada pokok bahasan hadis tentang ciri- ciri orang munafik melalui penerapan model pembelajaran Kooperati tipe Group Investigation peserta didik kelas V MIN Tunggangri Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun ajaran 2015/2016? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar Al Qur’an Hadits pada pokok bahasan hadis tentang ciri- ciri orang munafik melalui penerapan model pembelajaran Kooperati tipe Group Investigation peserta didik kelas V MIN Tunggangri Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun ajaran 2015/2016? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar Al Qur’an Hadits pada pokok bahasan hadis tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada peserta didik kelas V MIN Tunggangri Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Tahun ajaran 2015/2016. (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar Al Qur’an Hadits pada pokok bahasan hadis tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada peserta didik kelas V MIN Tunggangri Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Tahun ajaran 2015/2016. (3) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar Al Qur’an Hadits pada pokok bahasan hadis tentang ciri-ciri orang munafik melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada peserta didik kelas V MIN Tunggangri Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara, angket, dokumentasi catatan lapangan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Motivasi belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) mengalami peningkatan. Post test siklus I yaitu 62,47% dengan nilai rata-rata 56,43 mengalami peningkatan pada post test siklus II yaitu 85,39% dengan rata-rata 78,20. Kemudian keaktifan belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) mengalami peningkatan. Post test siklus I yaitu 71,25 % dengan rata-rata 3,8 mengalami peningkatan pada post test siklus II yaitu 81,25% dengan rata-rata 4,33. Hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) mengalami peningkatan. Pre test 66,67% dengan nilai rata-rata 75,71. Kemudian post test siklus I mengalami peningkatan yaitu 71,42 % dengan nilai rata-rata 78,09. Dan dilanjutkan dengan siklus II meningkat menjadi 85,71 % dengan nilai rata-rata 83,80. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan motivasi, keaktifan dan hasil belajar Al Qur’an Hadits peserta didik kelas V MIN Tunggangri kecamatan Kalidawir kabupaten Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123071 HANIK WAHYUNI
Date Deposited: 20 Jan 2017 07:55
Last Modified: 20 Jan 2017 07:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4601

Actions (login required)

View Item View Item