PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS TEHNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI MAN 2 TULUNGAGUNG

ABDUL ROHIM, 2811123032 (2017) PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS TEHNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI MAN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pemanfaatan Media Tehnologi Informasi dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Man 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Abdul Rohim dengan dibimbing oleh Dr. Luk Luk Nur Mufida., M.Pd.I Kata Kunci: Media Berbasis Komputer dan Internet, Kualitas Belajar, Pembelajaran Agama Islam Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pembelajaran agama Islam yang hanya menggunakan media klasik saja di dalam proses pembelajarannya. Perkembangan teknologi informasi telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang hampir tidak pernah lepas dari keseharian masyarakat di berbagai belahan dunia tentunya juga sangat potensial dijadikan sebagai media berbagi infomasi, atau sebaliknya yaitu dijadikan sebagai media mendapatkan infomasi yang tepat. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana cara guru dalam memanfaatan komputer dan internet di MAN 2 Tulungagung dalam upaya meningkatkan proses pembelajaran PAI. (2)Apakah kelebihan dan kekurangan media komputer dan internet dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama islam di MAN 2 Tulungagung? Penelitian ini ditulis dengan menggunakan rancangan penelitian dengan pendekatan kualitatif dimana peneliti berkedudukan sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Sedangkan tenik analisisnya menggunakan analisis kasus tunggal yang dilanjutkan dengan analisis secara sistematis dan obyektif, serta dalam pemerikasaan keabsahan datanya menggunakan triangulasi data. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan menggunakan media berbasis komputer dan internet yang di terapkan di MAN 2 Tulungagung adalah pembelajaran yang terintegrasi. Guru dalam pembelajaran agama Islam memillih media yang tepat dengan memadukan penyampaian materi menggunakan media berbasis komputer dan internet untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas. Adapun cara guru dalam memanfaatkan komputer dan internet di MAN 2 Tulungagung Adalah; Menyesuaikan Materi dengan Media, Memilih Media yang tepat. (2) Kelebihan Pemanfaatan Komputer dan Internet di MAN 2 Tulungagung diantaranya; Lebih Menyenangkan dan digemari siswa, lebih Mudah menyampaikan materi bagi guru. Adapun kekuranganya Media Komputer dan internet dalam Proses Pembelajaran di MAN 2 Tulungagung yaitu; Ketergantungan pada internet bagi guru, sehingga guru lalai dengan peran utamanya. Dan guru fiqih yang memanfaatkan komputer dan Internet masih sedikit

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123032 abdul rohim
Date Deposited: 12 Jan 2017 06:52
Last Modified: 12 Jan 2017 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4581

Actions (login required)

View Item View Item