SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MTs DARUL FALAH DESA BENDIL JATI KULON KEC. SUMBERGEMPOL KAB. TULUNGAGUNG

WAHYU WIDO PRAYOGO, 3211113029 (2017) SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MTs DARUL FALAH DESA BENDIL JATI KULON KEC. SUMBERGEMPOL KAB. TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Desa Bendiljati Kulon Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Wahyu Wido Prayogo NIM 3211113029, pembimbing Dr. Ahmad Tanzeh,M.Pd.I. Kata kunci. Supervisi Kepala Madrasah, Profesionalisme Guru Mutu pendidikan merupakan salah satu hal utama yang termasuk dalam agenda permasalahan pendidikan nasional di Indonesia. Mutu pendidikan akan dapat ditingkatkan apabila kepala madrasah menjalankan tugasnya sebagai seorang supervisor. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran supervisor kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Desa Bendiljati Kulon Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung; 2) Bagaimana pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Desa Bendiljati Kulon Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung; 3)Bagaimana evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Desa Bendiljati Kulon Kecamatan Sumbergempol KabupatenTulungagung. Tujuan penelitian: untuk mengetahui, 1) Peran supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Desa Bendiljati Kulon Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung; 2)Pelaksanaan supervisi yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Desa Bendiljati Kulon Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung; 3) Evaluasi yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Desa Bendiljati Kulon Kecamatan Sumbergempol KabupatenTulungagung. Metode penelitian, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, lokasinya di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Desa Bendiljati Kulon Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Sumber datanya informan, peristiwa, lokasi dan dokumen, datanya primer dan skunder, teknik pengumpulan datanya dengan observasi partisipan, interview mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dan pengecekan keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi. Penelitian ini bermanfaat bagi Kepala Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Desa Bendiljati Kulon Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung untuk meningkatkan kinerja kepemimpinan dalam meningkatkan profesionalisme guru di madrasah tersebut serta memberikan input dan tambahan wawasan ilmu pengetahuan mengenai upaya dalam peningkatan profesionalitas guru. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi penelitian lebih lanjut. Hasil penelitian: 1) Peran kepala madrasah sebagai supervisor adalahseseorang yang menjalankan kegiatan supervisi seperti halnya mengawasi, mengontrol, dan memberikan solusi untuk perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran yang baik; 2) Pelaksanaan supervisi adalah menjalankan rangkaian kegiatan yang sifatnya memberikan bantuan terhadap pihak tertentu, dengan tujuan dapat meningkatkan kompetensi demi tercapainya tujuan yang diinginkan; 3) Evaluasi supervisor adalah adalah kegiatan penilaian yang dilakukan oleh seseorang untuk melihat hasil dari bantuan yang sudah diberikan oleh pihak supervisor, dari situ dapat diperoleh pemahaman berhasil atau tidaknya kegiatan supervisi yang sudah dilakukannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 3211113029 WAHYU WIDO PRAYOGO
Date Deposited: 12 Jan 2017 04:01
Last Modified: 12 Jan 2017 04:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4577

Actions (login required)

View Item View Item