PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V SDN 2 PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MUHAMMAD KHOIRUR ROZIQIN, 2817123105 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V SDN 2 PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas V SDN 2 Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Moh. Khoirur Roziqin, NIM. 2817123105, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match, Hasil Belajar IPS. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pembelajaran IPS di SDN 2 Podorejo Sumbergempol Tulungagung yang hasil belajar peserta didik masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dalam proses pembelajaran diharap dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran IPS, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pembelajaran model kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS pada materi sejarah perjuangan pahlawan mengusir penjajah di Indonesia peserta didik kelas V SDN 2 Podorejo Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match mata pelajaran IPS pada materi sejarah perjuangan pahlawan mengusir penjajah di Indonesia peserta didik kelas V SDN 2 Podorejo Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan tentang proses pembelajaran model kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS pada materi sejarah perjuangan pahlawan mengusir penjajah di Indonesia peserta didik kelas V SDN 2 Podorejo Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS pada materi sejarah perjuangan pahlawan mengusir penjajah di Indonesia dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe make a match peserta didik kelas V SDN 2 Podorejo Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanan (planing), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap refleksi (reflection). Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 2 Podorejo Sumbergempol Tulungagung yang terdiri atas 11 peserta didik laki-laki dan 9 peserta didik perempuan. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar IPS peserta didik kelas V SDN 2 Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Sedangkan metode observasi, xx wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran IPS, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan peneliti. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai KKM 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS materi sejarah perjuangan pahlawan mengusir penjajah di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh peneliti yaitu pada tes awal (pre test) nilai rata-rata peserta didik 56,75 dengan prosentase ketuntasan 20%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata peserta didik hanya mencapai 58,75 dengan prosentase ketuntasan 25% dan pada waktu siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 86,75 dengan prosentase ketuntasan 100%, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas V SDN 2 Podorejo Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123105 MUHAMMAD KHOIRUR ROZIQIN
Date Deposited: 11 Jan 2017 03:56
Last Modified: 11 Jan 2017 03:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4569

Actions (login required)

View Item View Item