SETRATEGI PEMBELAJARAN GURU FIQIH DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN IBADAH DI MTs AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG

ABU KHANIF, 2811123034 (2017) SETRATEGI PEMBELAJARAN GURU FIQIH DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN IBADAH DI MTs AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (116kB)

Abstract

ABSTRAK Abu Khanif (2811123034), Dengan judul skripsi “Strategi Pembelajaran Guru Fiqih Dalam Peningkatan Pemahaman Ibadah di MTs Al-Ma’Arif Kelurahan Karangwaru KecamatanTulungagung Kabupaten Tulungagung 2015/2016”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam yang dibimbing oleh Prof.DR. H. Akhyak, M.Ag. Kata Kunci: Pendekatan, Metode, evaluasi, Fiqih. Penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah keadaan bahwa pengetahuan dan kebiasaan pada siswa siswi terhadap ajaran ibadah dalam bidang studi fiqih yang masih belum benar ketika menjalankan praktek dalam kehidupan sehari-hari seperti wudhu, sholat. Dalam hal ini peneliti menghubungkan metode pengajaran yang berkaitan dengan perencanaan, penerapan, hasil dari pembelajaran Fiqih Rumusan masalah skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pendekatan guru fiqih dalam peningkatan pemahaman ibadah Di MTs Al-Ma’Arif Kelurahan Karangwaru Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana metode guru fiqih dalam peningkatan pemahaman ibadah Di MTs Al-Ma’Arif Kelurahan Karangwaru Kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi guru fiqih dalam peningkatan pemahaman ibadah Di MTs Al-Ma’Arif Kelurahan Karangwaru Kabupaten Tulungagung? Adapun tujuan penelitian skripsi ini : (1) Untuk Mengetahui pendekatan guru fiqih dalam peningkatan pemahaman ibadah Di MTs Al-Ma’arif Kelurahan Karangwaru Kabupaten Tulungagung, (2) Untuk Mengetahui metode guru fiqih dalam peningkatan pemahaman ibadah Di MTs Al-Ma’arif Kelurahan Karangwaru Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung, (3) Untuk Mengetahui bagaimana evaluasi guru fiqih dalam peningkatan pemahaman ibadah Di MTs Al-Ma’arif Kelurahan Karangwaru Kabupaten Tulungagung Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk mengembangkan ilmu teoritis yang telah diterima di bangku kuliah dengan diterapkan di lokasi penelitian, sehingga peneliti dapat menganalisa dan mengumpilkan hasil data yang ada sehingga mengetahui strategi guru fiqih dalam peningkatan pemahaman ibadah di MTs Al-Ma’Arif. Bagi almamater, hasil penelitian ini dapat dijadikan pijakan atau masukan dalam rangka menyempurnakan penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih di MTs Al-Ma’Arif Tulungagung. Untuk tahun-tahun berikutnya yang lebih baik. Bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian ini bisa dijadikan pijakan atau acuan untuk penelitian selanjutnya, yang lebih mendalam tentang permasalahan-permasalahan sepanjang berkaitan dengannya. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode pendekatan observasi, wawancara, dokumtasi dan analisa data pada skripsi ini menggunakan analisa data kualitatif. Setelah penulisan mengadakan penelitian dengan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa: (1) dengan adanya pendekatan guru fiqih dalam peningkatan pemahaman ibadah di MTs Al-Ma’Arif Tulungagung meliputi:pendekatan secara individual dan kelompok seperti, pemberian motivasi, penyiapan tempat untuk melakukan pembelajaran, pemberian penguatan meteri yang akan dipraktekkan, kemudian guru bekerjasama dengan orang tua agar pembelajaran tidak focus di sekolah saja (2) metode guru fiqih yang dilakukan melaksanakan pembelajaran yaitu dengan metode ceramah, pendekatan setelah satu bab mata pelajaran yang akan dipraktekkan sudah selesai sebelum pelaksanaan para murid diberi tugas untuk mengerjakan. Peningkatan pemahaman ibadah siswa dikerjakan setelah para murid selesai mengerjakan tugas dalam pelaksanaan pemahaman ini guru melaksanakan pendekatan dengan siswa melalui tugas perindividu. (3) Evaluasi guru fiqih dalam peningkatan pemahaman ibadah di MTs Ma’arif Tulungagung guru fiqih memberikan tambahan pembelajaran agar siswa benar-benar mengerti, yaitu dengan penilaian tes seperti (tes tertulis, tes lisan, dan tes tindakan) dan penilaian non tes seperti (portofolio, observasi, dan wawancara).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123034 ABU KHANIF
Date Deposited: 11 Jan 2017 07:36
Last Modified: 11 Jan 2017 07:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4564

Actions (login required)

View Item View Item