PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO (KEKUATAN BERDUA) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN PADA SISWA KELAS VII A MTs MIFTAHUL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

NURHADI FATKHUROHMAN, 3214093109 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO (KEKUATAN BERDUA) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN PADA SISWA KELAS VII A MTs MIFTAHUL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (994kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (56kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (63kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two (Kekuatan Berdua) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Himpunan pada Siswa Kelas VIII MTs Miftahul huda Bandung Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Nurhadi F dibimbing oleh Dr.muniri,M.Pd Kata kunci: model The Power Of Two, Hasil Belajar Matematika merupakan mata pelajaran yang penting. Namun, meskipun matematika itu penting, mempelajarinya masih dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Kondisi tersebut disebabkan siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru karena munculnya rasa bosan dengan model pembelajaran yang monoton, sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar yang dampaknya banyak nilai siswa dibawah KKM. Berawal dari permasalahan ini, guru dituntut untuk mengubah praktik pembelajaran di dalam kelas, dari yang bersifat teacher centered menjadi student centered. Sehingga, siswa tidak merasa bosan pada pembelajaran matematika. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two. Dengan penerapan model The Power Of Two diharapka siswa bisa lebih aktif dalam belajar bisa menuangkan ide – idenya dan saling berinteraksi sehingga berdampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Adakah pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe The Power of Two (kekuatan berdua) terhadap hasil belajar matematika materi pokok himpunan pada siswa kelas VII MTs Miftahul Huda bandung Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015. 2. Seberapa besar pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe The Power of Two (kekuatan berdua) terhadap hasil belajar matematika materi pokok himpunan pada siswa kelas VII Mtsmiftahul Huda Bandung Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe The Power of Two (kekuatan berdua) terhadap hasil belajar matematika materi pokok himpunan pada siswa kelas VII MTs Miftahul Huda bandung Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015. 2. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe The Power of Two (kekuatan berdua) terhadap hasil belajar matematika materi pokok himpunan pada siswa kelas VII MTs miftahul Huda bandung Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015 Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah pengalaman serta wawasan dalam bidang penulisan maupun penelitian. Bagi MTs Miftahul huda bandung Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka peningkatan mutu kualitas pendidikan, baik bagi guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Pola penelitian dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantatif dengan menggunkan metode penelitian eksperiman. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII MTs Miftahul huda bandung Tulungagung sebanyak 8 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling purposive untuk sumber data dalam penelitian ini adalah kelas VII A dan VII B MTs Miftahul huda Tulungagung. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Observasi digunakan untuk melihat keterlaksanaan model The Power Of Two. Dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang nilai siswa dan data tentang sekolah. Sedangkan metode tes digunakan untuk mengetahui seberapa jauh siswa memahami materi. Hasil dari analisis data didapatkan : nilai rata – rata hasil belajar matematika kelas eksperimen sebesar 84,47 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 71. Disamping itu, sesuai perhitungan dengan menggunakan analisis uji t hasil perhitungan menunjukkan bahwa hasil signifikan = 0,05 dengan nilai thitung (4,08) ttabel (2,000) . Merujuk pada hasil analisis data penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model The Power Of Two berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Miftahul huda Tulungagung. Sedangnkan besar pengaruh model pembelajaran The Power Of Two terhadap hasil belajar siswadiperoleh 18,14 % sehingga jika dilihat pada tabel interpretasi berada pada interval 0% - 39% yaitu berinterpretasi rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: s-1 3214093109 nurhadi fatkhurohman
Date Deposited: 16 Jan 2017 02:11
Last Modified: 16 Jan 2017 02:11
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/4561

Actions (login required)

View Item View Item