STRATEGI GURU PAI DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA (Studi Multi Situs di SMKN 1 dan SMKN 2 Boyolangu Tulungagung)

Budi Setyawan, 1756144013 (2017) STRATEGI GURU PAI DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA (Studi Multi Situs di SMKN 1 dan SMKN 2 Boyolangu Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Daftar rujukan.pdf

Download (147kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi guru PAI dalam menanggulangi Kenakalan Remaja” ini ditulis oleh Budi Setyawan dengan dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I dan Dr. H. Syamsu Ni’am, M.Ag. Kata Kunci: Strategi, Guru PAI, Penanggulangan Kenakalan Remaja. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh fenomena kasus yang akhir-akhir ini menjadi perhatian khusus diberbagai kalangan, yaitu tentang kenakalan remaja. Remaja adalah masyarakat yang akan datang. Dapat di perkirakan bahwa gambaran kaum remaja sekarang adalah pencerminan masyarakat yang akan datang, baik buruknya bentuk dan susunan masyarakat, bangunan moral dan intelektual, dalam penghayatan ilmu agama, kesadaran kebangsaan, dan derajat kemajuan prilaku dan kepribadian antara sesama masyarakat yang akan datang tergantung kepada remaja sekarang, dan harapan dimasa yang akan datang terletak pada putra putrinya. Namun kenyataan telah menunjukkan bahwa perubahan zaman yang ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi selalu mengakibatkan perubahan sosial. Dalam menghadapi situasi yang demikian remaja sering kali memiliki jiwa yang sensitif, yang pada akhirnya tidak sedikit para remaja yang terjerumus ke hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai moral, norma agama, norma sosial dan norma hidup di masyarakat yang akhirnya remaja cenderung melakukan tindakan yang tidak pantas. Bertitik tolak dari permasalahan tersebut diatas, mendorong penulis untuk mengadakan penelitian tentang kenakalan remaja yang masih berstatus siswa di SMKN 1 dan SMKN 2 Boyolangu Tulungagung, sedangkan rumusan masalah nya adalah (1) Bagaimana langkah preventif guru PAI dalam menanggulangi kenakalan remaja di SMKN 1 dan SMKN 2 Boyolangu Tulungagung ? (2) Bagaimana langkah represif guru PAI dalam menanggulangi kenakalan remaja di SMKN 1 dan SMKN 2 Boyolangu Tulungagung ? (3) Bagaimana langkah kuratif PAI dalam menanggulangi kenakalan remaja di SMKN 1 dan SMKN 2 Boyolangu Tulungagung ? Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus, sedangkan dalam pengumpulan data diperlukan metode observasi, interview dan dokumentasi. Dalam menganalisa data yang terkumpul, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menanggulangi kenakalan siswanya, guru agama berkewajiban untuk melakukan langkah-langkah prefentif, diantaranya: a. Pemberian pendidikan agama b. Meningkatkan efektifitas hubungan orang tua dan masyarakat (Humas) c. Mengadakan pembinaan melalui kegiatan ekstra kurikurer Upaya represif guru agama dalam menanggulangi kenakalan siswa bertujuan untuk menahan dan menghambat kenakalan siswa sesering mungkin dan jangan sampai timbul peristiwa yang lebih lanjut. Guru agama harus bisa menyiasati agar siswa tidak melakukan kenakalan yang lebih dalam dan guru agama berkewajiban untuk menunjukkan jalan yang baik bagi siswanya yang melakukan kenakalan-kenakalan. Adapun langkah-langkah represif , yaitu: a. Diberi nasehat dan peringatan secara lisan dan tulisan b. Mengadakan pendekatan kepada orang tua/wali murid c. Mengadakan kerjasama dengan masyarakat d. Mengadakan pendekatan kepada orang tua/wali murid Usaha guru agama dalam menanggulangi kenakalan siswa yang bersifat kuratif atau penyembuhan dilakukan dengan jalan mengadakan pendekatan kepada siswa-siswa yang bersangkutan. Dengan mengadakan pendekatan harapkan dapat diperoleh akar permasalahan yang menyebabkan siswa nakal. Langkah penanganan secara umum, yang meliputi antara lain: a. Memberi teguran dan nasehat kepada siswa yang bermasalah dengan menggunakan pendekatan keagamaan b. Memberi perhatian khusus kepada siswa yang bersangkutan, yang dilakukan secara wajar agar tidak menyebabkan kecemburuan sosial Menghubungi orang tua/wali perihal kenakalan siswanya, agar mereka mengetahui perbuatan putranya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1756144013 Budi Setyawan
Date Deposited: 21 Feb 2017 06:12
Last Modified: 21 Feb 2017 06:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4560

Actions (login required)

View Item View Item