PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSALAM PIKATAN II WONODADI BLITAR

FERI PRASETYO, 2817123065 (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSALAM PIKATAN II WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar rujukan.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Pembelajaran Berbasis Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Feri Prasetyo, NIM 2817123065, Jurusan PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Moh. Arif M.Pd Kata Kunci: Pembelajaran Inquiry, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang aktif dan antusiasnya peserta didik saat pembelajaran IPA berlangsung. Peserta didik cenderung pasif saat proses pembelajaran dikarenakan pembelajaran yang dilakukan menggunakan ceramah dan guru terlalu mendominasi. Hal itu membuat hasil belajar peserta didik MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar kurang memuaskan. Oleh sebab itu untuk mengatasi rendahnya hasil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan pembelajaran berbasis inquiry, khususnya pada pembelajaran IPA. Dengan penerapan pembelajaran berbasis inquiry diharapkan dapat mengatasi masalah yang ditemukan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pembelajaran berbasis inquiry pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya pada peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar ? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar melalui proses pembelajaran berbasis inquiry pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan proses pembelajaran berbasis inquiry pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya pada peserta didik kelas V di MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar. (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar melalui proses pembelajaran berbasis inquiry pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar Skripsi ini bermanfaat bagi MI Darussalam Pikatan II sebagai sumbangan pemikiran dan peningkatan mutu pembelajaran bagi kepala madrasah, guru dan peserta didik MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar, dan peneliti lain sebagai bahan referensi dan sumber belajar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) model spiral dari Kemmis dan Mc.Taggart sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila peserta didik mencapai nilai sesuai KKM yaitu 70 dan penguasaan materi mencapai 75% dari jumlah peserta didik. Langkah-langkah pembelajaran inquiry yaitu orientasi, merumuskan masalah, menentukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar dengan diterapkannya pembelajaran berbasis inquiry. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang dimulai dari tes awal nilai rata-rata peserta didik 59,3 dengan persentase ketuntasan 20,8%, dilanjutkan siklusI nilai ratarata peserta didik mencapai 69,7 dengan persentase ketuntasan belajar 66,7%, dan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 82,08 dengan persentase ketuntasan 91,67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis inquiry dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V di MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 201 5/2016

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123065 FERIPRASETYO
Date Deposited: 06 Jan 2017 08:08
Last Modified: 06 Jan 2017 08:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4538

Actions (login required)

View Item View Item