PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN 02 KENDALBULUR, BOYOLANGU, TULUNGAGUNG TAHUN 2015/2016

DYAH AYU PUSPITANING TYAS, 2811123077 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN 02 KENDALBULUR, BOYOLANGU, TULUNGAGUNG TAHUN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (241kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dyah Ayu Puspitaningtyas, 2016, “Pengaruh Penggunaan Media Visual terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN 02 Kendalbulur, Boyolangu, Tulungagung tahun 2015/2016”. FTIK.Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen Pembimbing Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata kunci : Pengaruh Media Visual terhadap Prestasi Belajar Siswa. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Pemanfaatan media pembelajaran seharusnya merupakan bagian yang harus mendapat perhatian guru dalam setiap kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu guru perlu mempelajari bagaimana menetapkan media pembelajaran agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap berbagai dimensi kehidupan manusia, baik dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan. Revolusi industri sebagai akibat kemajuan teknologi dan pengetahuan sejak akhir abad ke-19 turut mempengaruhi pendidikan dengan menghasilkan alat-alat yang dapat dipakai untuk pendidikan. Sangat untung bahwa sejak awal mula pendidikan senantiasa bersikap terbuka terhadap penemuan-penemuan baru dalam bidang teknologi. Hal ini mempunyai maksud bahwa sistem pendidikan yang tidak mau dan kurang bisa menyelaraskan diri dengan kemajuan teknologi tersebut, maka sistem pendidikan tentu akan ketinggalan zaman. Rumusan masalahnya adalah: 1. Adakah pengaruh penggunaan media grafis terhadap prestasi belajar siswa? 2. Adakah pengaruh penggunaan media proyeksi terhadap prestasi belajar siswa? 3. Adakah pengaruh penggunaan kedua media (media grafis dan media proyeksi) terhadap prestasi belajar siswa? Adapun tujuannya adalah 1. Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media grafis terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 2. Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media proyeksi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 3.Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan kedua media (media grafis dan media proyeksi) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendekatan penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif dipandang sebagai sesuatu yang bersifat konfirmasi dan deduktif. Bersifat konfirmasi disebabkan karena metode penelitian kuantitatif ini bersifat menguji hipotesis dari suatu teori yang telah ada. Penelitian bersifat mengkonfirmasi antara teori dengan kenyataan yang ada dengan mendasarkan pada data ilmiah dalam bentuk angka. Penarikan kesimpulan bersifat deduktif yaitu dari sesuatu yang bersifat umum ke sesuatu yang bersifat khusus. Hal ini berangkat dari teori-teori yang membangunnya. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Hasil perhitunganya yaitu untuk media grafis t_hitung = 2,121 >t_tabel = 2.060, hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara media grafis dengan prestasi belajar. Untuk media proyeksi t_hitung = 2,338 >t_tabel = 2.060, hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara media proyeksi dengan prestasi belajar Media pembelajaran berfungsi untuk mempermudah guru dalam menyampaikan informasi dan juga mempermudah siswa dalam menerima informasi. Media Pembelajaran digunakan sebagai perantara dalam menyampaikan informasi. Namun, kekeliruan dalam pemilihan media dapat menjadi penyebab terhambatnya proses belajar mengajar. Faktor internal dari dalam diri siswa juga dapat mempengaruhi prestasi belajar. Oleh karena itu, guru dituntuk mampu untuk menggunakan juga mengembangkan media pembelajaran demi keberhasilan proses pembelajaran, guru juga harus bisa mengkondisikan siswa agar maksimal dalam belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Media Visu 2811123077 Dyah Ayu Puspitaningtyas
Date Deposited: 06 Jan 2017 07:15
Last Modified: 06 Jan 2017 07:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4537

Actions (login required)

View Item View Item