Pengaruh Profesionalisme Guru PAI Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs. Assyafi'iyah Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016

M. Hakim Assofi, 2811123133 (2016) Pengaruh Profesionalisme Guru PAI Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs. Assyafi'iyah Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Bagian Awal (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (746kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini ditulis oleh M. Hakim Assofi, NIM. 2811123133, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “Pengaruh Profesionalisme Guru PAI Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” yang dibimbing oleh Dr. H. Nurkholis, M.Pd., NIP. 19710316 199803 1 002. Kata Kunci : Profesionalisme Guru Pendidikan Islam, Prestasi Belajar Kualitas profesionalisme guru memiliki kaitan yang sangat erat dan berpengaruh terhadap proses pencapaian tujuan pendidikan, yakni pencapaian pemahaman belajar siswa, apalagi dalam hal ini guru Pendidikan Agama Islam yang menuntut tercapainya prestasi belajar akademik dan pendidikan keislaman. Jika guru memiliki profesionalisme yang tinggi dalam pendidikan maka, secara otomatis kualitas pendidikan akan tingi pula. Sehingga hal ini akan berpengaruh pada semua potensi dan hasil prestasi belajar siswa sesuai dengan yang diharapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: 1) Bagaimana tingkat profesionalisme Guru PAI kelas VIII di MTs. Assyafi’iyah Gondang ? 2) Bagaimana tingkat prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs. Assyafi’iyah Gondang ? 3) Bagaimana pengaruh profesionalisme Guru PAI terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs. Assyafi’iyah Gondang ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui tingkat profesionalisme Guru PAI Kelas VIII di MTs. Assyafi’iyah Gondang 2) Untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs. Assyafi’iyah Gondang 3) Untuk mengetahui pengaruh profesionalisme Guru PAI terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Sumber data diperoleh dari responden dan dokumen. Responden terdiri dari siswa kelas VIII MTs. Assyaf’iyah Gondang, sedangkan dokumen terdiri dari absensi-absensi siswa, dan arsip sekolah. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan observasi. Populasi: VIII MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung yang berjumlah 156 siswa. Sampling: Proportionate Startified Random Sampling. Jumlah Sampel: 62 siswa. Hasil penelitian: 1) Tingkat profesionalisme Guru PAI kelas VIII di MTs. Assyafi’iyah Gondang berada pada kualifikasi yang sedang. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis angket yang disebarkan kepada siswa, dimana jumlah skor rata-rata berada pada klasifikasi sedang, yakni ≥ 63,55. 2) Tingkat prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs. Assyafi’iyah Gondang berada pada kualifikasi yang tinggi. Hal ini dibuktikan dari nilai data raport siswa, dimana dari 62 siswa memiliki jumlah skor rata-rata berada pada klasifikasi tinggi, yakni ≥ 80,45. 3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Prestasi Belajar siswa kelas VIII di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung 2015/2016 dengan kategori sedang/cukupan. Hal ini didapatkan dari analisis Product Moment dengan perhitungan SPSS 16.0 dan perhitungan manual diketahui bahwa, nilai r (hubungan) dari X-Y adalah 0,596. Diketahui bahwa r = 0,596 ternyata berada pada nilai koefisien 0,40-0,70 yang berada dalam kategori antara “sedang atau cukup”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd.I 2811123133 M. Hakim Assofi
Date Deposited: 13 Jan 2017 03:41
Last Modified: 13 Jan 2017 03:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4513

Actions (login required)

View Item View Item