KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG

HENIDA CHOIRINI, 3211113081 (2017) KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
bagian awal.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (742kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (135kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru Dalam Meggunakan Metode Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Assyafi’iyah Gondang” ini ditulis oleh Henida Choirini, NIM. 3211113081, pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Aqidah Akhlak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran aqidah akhlak, sejauh mana pengetahuan dan pemahaman siswa tentang nilai ajaran aqidah akhlak. Bahwa guru dalam mengajar aqidah akhlak dapat mempengaruhi kesadaran siswa dalam berbuat dan bertingkah laku. Dalam hal ini peneliti melakukan penelitian mengenai masalah kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran aqidah akhlak di MTs Assyafi’iyah Gondang. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran aqidah akhlak di MTs Assyafi’iyah Gondang? (2) Faktor apa sajakah yang menghambat kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran aqidah akhlak di MTs Assyafi’iyah Gondang? (3) Bagaimana cara mengatasi atau menanggulangi faktor yang menghambat kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran aqidah akhlak di MTs Assyafi’iyah Gondang?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran aqidah akhlak di MTs Assyafi’iyah Gondang tersebut. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Madrasah Tsanawiyah Assyafi’iyah Gondang, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi para guru Madrasah Tsanawiyah Assyafi’iyah Gondang sebagai dasar untuk meningkatkan kemampuan kreativitas guru dalam mengajar khususnya dalam mata pelajaran aqidah akhlak. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara yang menghendaki komunikasi langsung dengan guru pengampu mata pelajaran aqidah akhlak, selanjutnya observasi dan dokumentasi sebagai data penunjang. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran aqidah akhlak tentunya bukan seberapa sering/banyak media yang digunakan, tetapi bagaimana guru dapat memahami siswanya, memberikan perlakuan yang sama antara siswa satu dengan siswa yang lain. (2) Siswa memiliki karakter yang berbeda/tidak sama, guru berpikir ganda untuk mencari dan menerapkan metode yang sesuai dengan karakteristik dari kebanyakan siswa. (3) Tanggungjawab guru (sebagai orangtua di madrasah) dalam mendidik siswa harus dibarengi dengan perasaan dan juga melalui teladan yang baik seperti halnya kepada anaknya sendiri. Karena anak-anak berhak mendapat perlakuan yang terbaik dari orangtuanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 3211113081 HENIDA CHOIRINI
Date Deposited: 04 Jan 2017 06:41
Last Modified: 04 Jan 2017 06:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4500

Actions (login required)

View Item View Item