PENDEKATAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAKHUL KARIMAH SISWA DI MTS AL-GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG SKRIPSI

M. NURSADA MUQORROBIN, 2811123135 (2017) PENDEKATAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAKHUL KARIMAH SISWA DI MTS AL-GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG SKRIPSI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
bagian awal.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (422kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dafatar Rujukan.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Bimbingan Guru Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan Akhlakhul Karimah Siswa Di MTs Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung” ini di tulis oleh M. Nursada Muqorrobin, NIM. 2811123135, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung 2016, Dosen Pembimbing Dr. Hj. Elfi Mu’awannah, S.Pd NIP. 197211271997032001. Konteks Penelitian ini adalah mengingat tingkah laku remaja yang sekarang tidak jarang sudah terpengaruh oleh budaya barat, tentunya dalam hal negatif seperti halnya yang telah diungkapkan, seperti banyaknya para lulusan ataupun pelajar yang masih usia dini dan mereka sudah melakukan tindak kriminalitas, narkoba, pergaulan bebas, bolos sekolah dan lain sebagainya. Yang tentunya itu semua terjadi selain dari faktor pergaulan, sosial media juga termasuk dari pendidikan aqidah akhlak mereka yang rendah, karena dari aqidah akan terbangun sebuah pondasi iman yang kuat. Dan dari akhlak akan terbentuk suatu budi pekerti yang luhur dan mempunyai sikap yang baik. Fokus penelitian: 1. Bagaimana pendekatan guru aqidah akhlak dalam meningkatkan akhlakhul karimah siswa melalui pendekatan pribadi di MTs Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung? 2. Bagaimana pendekatan guru aqidah akhlak dalam meningkatkan akhlakhul karimah siswa melaui pendekatan kelompok di MTs Al-Ghozali Panjerejo rejotangan Tulungagung? Tujuan Penelitian : 1. Untuk mengetahui bagaimana pendekatan guru aqidah akhlak dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa melalui pendekatan pribadi. 2. Untuk mengetahui bagaimana pendekatan guru aqidah akhlak dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa melalui pendekatan kelompok. Manfaat penelitian : skripsi ini bermanfaat bagi kepala sekolah MTs al-ghozali Panjerejo, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi para guru MTs al-ghozali Panjerejo sebagai dasar untuk melakukan pembinaan akhlak para siswa, bagin siswa MTs al-ghozali sebagai penambah wawasan dan sebagai bahan evaluasi dalam berperilaku sehari-hari agar menjadi manusia yang berakhlakul karimah. Metode penelitian : dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan langkah reduksi data, display data atau penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan mengeceknya dengan berbagai sumber data dan memanfaatkan berbagai metode agar pengecekan kepercayaan data dapat dilakukan. Dengan metode ini diharapkan memperoleh data-data yang kongkrit dan sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di MTs Al-Ghozali Panjerejo. Hasil penelitian : dari hasil penelitian ini penulis menemukan bahwa, Pendekatan guru aqidah akhlak dalam meningkatkan akhlakhul karimah siswa di MTs Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung meliputi : pertama, dalam melakukan pendekatan kepada siswa untuk meningkatkan akhlakhul karimah seorang guru mengetahui karakter siswa supaya mudah untuk mengontrol siswa. Dalam pendekatan kepada siswa guru sebagai contoh atau suri tauladan yang baik karena perilaku seorang guru dicontoh oleh siswa karena seorang anak sifatnya adalah meniru, dan guru harus selalu menasehati memberi motivasi membantu masalah siswa baik di sekolah maupun diluar sekolah agar kedekatan guru kepada siswa lebih dekat dan memudahkan guru memberi nasihat kepada siswa tersebut Kedua, dalam meningkatkan akhlak siswa seorang guru punya strategi khusus ketika mengajar di dalam kelas, seorang guru selalu memberikan motivasi sebelum membuka dan setelah melakukan pelajaran. Seorang guru mengetahui siswa yang akhlaknya kurang baik, karena dengan mengetahui akhlak siswa yang kurang baik guru lebih menekankan terhadap pemberian pendekatan terhadap siswa yang kurang baik akhlaknya tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd.I 2811123135 M.NURSADA MUQORROBIN
Date Deposited: 04 Jan 2017 06:39
Last Modified: 04 Jan 2017 06:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4496

Actions (login required)

View Item View Item