KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMK BUDI UTOMO GANDUSARI TRENGGALEK

bahtiar anas, 3211103058 (2017) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMK BUDI UTOMO GANDUSARI TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (406kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (164kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMK BUDI UTOMO Gandusari Trenggalek” ini ditulis oleh Bahtiar Anas dibimbing oleh: Anisatul Mufarokah, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci : Kreativitas, Pengembangan, Media Pembelajaran. Kreativitas adalah suatu kemampuan untuk menciptakan hasil yang sifatnya baru innovatif, belum ada sebelumnya, menarik dan berguna bagi masyarakat. Seorang guru itu perlu mengembangkan kreativitas sebagai langkah baru proses belajar disekolah. Kreativitas peserta didik dalam belajar sangat bergantung pada kretivitas guru dalam mengembangkan materi, standart, dan menciptakan lapangan belajar yang kondusif. Dalam penggunan media pembelajaran pendidikan agama islam hendaknya guru dapat menyesuaikan dengan karakteristik materi yang akan disajikan dan dapat menarik perhatian siswa, serta tidak bertentangan dengan syari’at agama islam. Guru yang kreatif selalu mengahdirkan hal baru dalam proses belajar mengajarnya, oleh karenanya kegiatan pengembangan dalam hal pembelajaran harus selalu ditingkatkan. Berangkat dari permasalahan diatas maka secara umum permaslahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu, 1. Bagaimana kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam memilih media pembelajaran di SMK Budi Utomo Gandusari Trenggalek? 2. Bagaimana kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam menggunakan media pembelajaran di SMK Budi Utomo Gandusari Trenggalek?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1. Untuk mengetahui kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam memilih media pembelajaran di SMK Budi Utomo Gandusari Trenggalek. 2. Untuk mengetahui kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam menggunakan media pembelajaran di SMK Budi Utomo Gandusari Trenggalek. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam metode pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis interaktif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang telah terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan akhirnya menghasilkan suatu kesimpulan sebagai berikut: 1. Dalam memilih media pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Budi Utomo Gandusari Trenggalek secara umum, guru sudah membuat perencanaan dalam memilih media pembelajaran dengan menggunakan dasar pertimbangan, kriteria dan juga prinsip-prinsip. 2. Dalam menggunakan media pembelajaran, guru menggunakan media yang ada dan disesuaikan dengan materi pembelajaan yang disampaikan, disamping itu guru juga memiliki kreativitas dalam pengembangan media yang sudah ada, guru menggunakan metode dan pendekatan yang sesuai dengan karakteristik siswa. Hal ini dimaksudkan agar siswa tertarik dengan materi yang disampaikan. xiv ABSTRACT Thesis titled "Islamic Education Teachers Creativity in Development of Instructional Media at SMK BUDI UTOMO Gandusari Trenggalek" was written by Bahtiar Anas advisor by: Anisatul Mufarokah, S.Ag, M.Pd. Keywords: Creativity, Development, Learning Media. Creativity is the ability to create result that the character is innovative, new, was not there before, interesting and useful for society. A teacher it is necessary to develop creativity as a new step learning process at school. Creativity of learners in learning is very dependent on creativity of teachers in developing materials, standards, and creating a conducive learning. In the use of instructional media of Islamic religious, the teachers should be able to adapt to the characteristics of the material that will be presented and can attract the attention of students, and not in conflict with the Shari'ah Islamic religion. Creative teacher always presents new things in the process of teaching and learning, therefore the activities of development in terms of learning must be improved. Based on the problems above, the general problems formulated in this research are; 1. How creativity Islamic religious education teachers in selecting instructional media at SMK Budi Utomo Gandusari Trenggalek? 2. How creativity Islamic religious education teachers in using instructional media at SMK Budi Utomo Gandusari Trenggalek?. The purposes of research in this thesis are; 1. To find out how is creativity Islamic religious education teachers in selecting instructional media at SMK Budi Utomo Gandusari Trenggalek. 2. To find out how is creativity Islamic religious education teachers in using instructional media at SMK Budi Utomo Gandusari Trenggalek. In this research, researchers use a qualitative approach descriptive. In the method of data collection, the researchers use method of observation, interviews, and documentation. As for the analysis, the researchers use a qualitative interaktif analysis technique that is the form of the description of the data that has been collected thoroughly about the actual situation. Based on the research that has been done, eventually produce a conclusion as follows:1. In selecting instructional media of Islamic religious education in SMK Budi Utomo Gandusari Trenggalek, the teachers are already making plans in the selecting instructional media using the rationale, criteria and principles. 2. In using the medium of learning, the teachers use the existing media and are adapted with learning material. In addition, teachers also have the creativity in the development of existing media, teachers using methods and approaches in accordance with the student characteristics. It is intended for students interested in the material presented.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S,Pd 3211103058 bahtiar anas
Date Deposited: 04 Jan 2017 04:32
Last Modified: 04 Jan 2017 04:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4494

Actions (login required)

View Item View Item