IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ASWAJA DI SMP ISLAM AL-FATTAHIYYAH NGRANTI BOYOLANGU TULUNGAGUNG

UMU DWI KHUSNA, 2811123222 (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ASWAJA DI SMP ISLAM AL-FATTAHIYYAH NGRANTI BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Aswaja di SMP Islam Al-Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung“, ini ditulis oleh Umu Dwi Khusna, NIM. 2811123222 dibimbing oleh Hj. Indah Komsiyah S.Ag,M. Pd. Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya kualitas sumber daya manusia di Indonesia akibat kemajuan zaman yang merusak moral. Hal ini mengakibatkan pendidikan di Indonesia semakin menurun. Oleh karena itu pendidikan Islam di lingkup-lingkup pendidikan sangat perlu untuk diajarkan. Tugas guru tidak hanya menyangkut soal pengetahuan, tetapi dalam pengajarannya juga harus memperhatikan karakter dari setiap siswanya. Mata pelajaran Aswaja di SMP Islam Al-Fattahiyyah merupakan bagian dari kurikulum keagamaan. Mata pelajaran aswaja ini sangat perlu diterapkan apabila mengingat seluruh peserta didik di SMP Islam Al-Fattahiyyah adalah warga Nahdliyin. Mata pelajaran aswaja selain sebagai pembentukan karakter siswa juga dapat dijadikan bekal dalam kehidupan masyarakat. Yang menjadi fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi pembelajaran pada mata pelajaran aswaja di SMP Islam Al-Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung? (2) Bagaimana hambatan dalam implementasi pembelajaran pada mata pelajaran aswaja di SMP Islam Al-Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran pada mata pelajaran aswaja di SMP Islam Al Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung, (2) Untuk mendeskripsikan hambatan dalam implementasi pembelajaran pada mata pelajaran aswaja di SMP Islam Al-Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi,wawancara,dan dokumentasi. Observasi dilakukan secara langsung untuk mengamati proses pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran aswaja di SMP Islam Al-Fattahiyyah. Wawancara digunakan untuk memperoleh informasi atau data berupa ucapan, pikiran, gagasan tentang pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran aswaja di SMP Islam Al-Fattahiyyah. Dokumentasi digunakan dalam penelitian ini untuk mencari data mengenai hal-hal yang berhubungan dengan hasil penelitian terkait pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran aswaja serta gambaran umum SMP Islam Al-Fattahiyyah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran aswaja dilaksanakan oleh guru melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Untuk nilai karakter yang ditanamankan dalam mata pelajaran aswaja tentunya berbeda-beda tergantung dari materi yang diajarkan, akan tetapi ada nilai karakter yang menjadi perhatian guru, diantaranya: religius, cinta tanah air, disiplin, bertanggung jawab, dan menghargai keberagaman. Untuk pengembangan materi pada mata pelajaran aswaja sekolah juga melakukan beberapa kegiatan yang berbasis ke NU an. Bentuk kegiatannya yaitu Sholat Dhuha dan Muroja’ah, Yasin Tahlil, Wiridan setelah sholat, Rotibul Hadad, Istighosah, Ngaji Kitab, Ziarah Wali, Qiro’ah, Hadrah dan Sholawat, dan Hafalan Al-Qur’an. Selain itu dalam pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran aswaja ada berbagai hambatan yang dialami oleh guru yaitu kurang adanya konsentrasi pada diri siswa ketika pembelajaran berlangsung, kurangnya pemahaman terkait mata pelajaran aswaja karena sebagian siswa berasal dari sekolah umum, kurangnya alokasi waktu dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SKRIPSI 2811123222 UMU DWI KHUSNA
Date Deposited: 04 Jan 2017 02:44
Last Modified: 04 Jan 2017 02:44
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/4481

Actions (login required)

View Item View Item