STRATEGI PEMBINAAN KARAKTER PELAJAR DI ASASUDDEN WITYA SCHOOL YALA THAILAND SELATAN

atiq masluhah, 3211113005 (2016) STRATEGI PEMBINAAN KARAKTER PELAJAR DI ASASUDDEN WITYA SCHOOL YALA THAILAND SELATAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text
daftar rujukan.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembinaan Karakter Pelajar di Asasudden Witya School Yala Thailand Selatan” ini ditulis oleh Atiq Masluhah, NIM. 3211113005, pembimbing Dr. H. Abd Aziz, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena peradaban manusia yang secara berkelanjutan mengalami perubahan termasuk munculnya sejumlah krisis yaitu rendahnya efektifitas pendidikan dalam upaya pembentukan karakter peserta didik. Oleh karena itu perlu adanya pembinaan karakter dalam menanggulangi masalah tersebut, sebagaimana di lembaga pendidikan Asasudden Witya School Yala Thailand Selatan. Dimana pembinaan karakter disadari sangatlah berperan penting dalam menyeimbangkan keilmuan siswa dan menjadi tujuan dari pada pendidikan yang terarah dan terpadu. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1). Bagaimana pembinaan religius pelajar di Asasudden Witya School YalaThailand Selatan?, 2). Bagaimana pembinaan kedisiplinan pelajar di Asasudden Witya School YalaThailand Selatan?, 3). Bagaimana pembinaan sosial pelajar di Asasudden Witya School YalaThailand Selatan?. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Lembaga Asasudden Witya School Yala Thailand Selatan, sebagai sumbangan pemikiran dalam strategi pembinaan karakter pelajar.Bagi guru Asasudden Witya School Yala Thailand Selatan sebagai bahan dasarmelakukan pembinaan karakter pelajar. Bagi pesserta didik Asasudden Witya School Yala Thailand Selatan, sebagai bahan kajian dan renungan untuk memperbaiki karakter. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi penelitian lebih lanjut. Metode Penelitian: 1). Pola penelitian: Deskriptif-Analisis, 2). Metode pengumpulan data: menggunakan metode wawancara untuk memperoleh data tentang karakter pelajar, observasi untuk memperoleh data kegiatan pelajar sehari-hari, dokumentasi, dan dokumen sekolah, 3). Tehnik analisis data: menggunakan metode sumber data dan metode analisa data kualitatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1). Strategi pembinaan karakter religius pelajar meliputi; (a) pendidikan akhlak, metode bercerita, mewajibkan salam, program dua akhlak, dan uswatun hasanah; (b) kegiatan keagamaan meliputi pengajian kitab, halaqah al-Qur’an, lembar rutinitas ibadah, serta pendalaman hadits; (c) internalisasi nilai religius; iman, jujur, salam, berkomunikasi dengan baik, dan menjaga ukhuwah islamiyah, 2). Strategi pembinaan karakter kedisiplinan pelajar meliputi; (a) mendorong kekuatan norma sekolah dan norma sosial; (b) mengelola peran serta fungsi normadalam merekontruksi perilaku pelajar; (c) implementasi norma meliputi program 40 hari, pengawasan ketertiban sekolah, ibu kamar, dan hukuman, 3). Strategi pembinaan karakter peduli sosial pelajar meliputi; (a) kegiatan sosial; program usrah dan sukan warna; (b) mengembangkan interest social / minat sosial; (c) pembinaan sikap kepedulian sosialdalam bentuk perasaan empati dan simpati pelajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: INTAN FUTIHA GP
Date Deposited: 30 Dec 2016 06:28
Last Modified: 30 Dec 2016 06:28
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/4431

Actions (login required)

View Item View Item