PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA BAGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV MI MA’ARIF MARGOMULYO WATULIMO TRENGGALEK

NOVI RISKAYATIN NISA’, 2817123117 (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA BAGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV MI MA’ARIF MARGOMULYO WATULIMO TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (981kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual dengan Media Bagan untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV MI MA’ARIF Margomulyo Watulimo Trenggalek” ini ditulis oleh Novi Riskayatin Nisa’, NIM. 2817123117, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati, S.Pd, MM. Kata kunci: kontekstual, bagan, hasil belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran IPA di MI MA’ARIF Margomulyo Watulimo Trenggalek yang mana hasil belajar peserta didik masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan strategi pembelajaran Kontekstual dengan media bagan. Penerapan strategi pembelajaran kontestual dengan media bagan dalam proses pembelajaran diharap dapat membantu pemahaman peserta didik pada mata pelajaran IPA, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual dengan Media Bagan pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sumber Daya Alam Peserta Didik Kelas IV MI MA’ARIF Margomulyo Watulimo Trenggalek? (2) Bagaimana Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual dengan Media Bagan pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sumber Daya Alam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV MI MA’ARIF Margomulyo Watulimo Trenggalek? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual dengan Media Bagan pada Mata Pelajaran IPA pokok bahasan Sumber Daya Alam Peserta Didik kelas IV MI MA’ARIF Margomulyo Watulimo Trenggalek (2) Mendeskripsikan Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual dengan Media Bagan pokok bahasan Sumber Daya Alam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik kelas IV MI MA’ARIF Margomulyo Watulimo Trenggalek. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(Class Action Research) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajarpeserta didik. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanan (planing), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap trefleksi (reflection). Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI MA’ARIF Margomulyo Watulimo Trenggalek yang terdiri atas 15 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi.Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar IPApeserta didik kelas IV MI MA’ARIF Margomulyo Watulimo Trenggalek. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran IPA, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan peneliti. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai KKM 70. Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mewujudkan bahwa: (1) proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan penerapan strategi kontekstual dengan media bagan dengan langkah pembentukan kelompok yang terdiri 5 kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari 6 siswa secara heterogen, berdiskusi bersama, berfikir kritis, bekerjasama, mempresentasikan hasil kerjanyaa, (2) dengan penerapan strategi dan media bagan peningkatan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA materi sumber daya alam dan hubungan lingkungan sekitar hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh peneliti yaitu pada tes awal (pre test) nilai rata-rata peserta didik 54,16 dengan prosentase ketuntasan 0%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata peserta didik hanya mencapai 73,66 dengan prosentase ketuntasan 43,33% dan pada waktu siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 85,33 dengan prosentase ketuntasan 93,33%, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kontekstual dengan media bagan dapat meningkatkan hasil belajar IPApeserta didik kelas IV MI MA’ARIF Margomulyo Watulimo Trenggalek tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123117 NOVI RISKAYATIN NISA’
Date Deposited: 30 Dec 2016 06:20
Last Modified: 30 Dec 2016 06:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4427

Actions (login required)

View Item View Item