PENGARUH METODE INKUIRI BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS DAN KELILING LINGKARAN SISWA KELAS VIII MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

AGUSTIN DWI PUSPITASARI, 2814123032 (2016) PENGARUH METODE INKUIRI BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS DAN KELILING LINGKARAN SISWA KELAS VIII MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Bagian Awal.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (478kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Agustin Dwi Puspitasari, 2016, NIM: 2814123032 dengan judul skripsi “Pengaruh Metode Inkuiri Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Luas dan Keliling Lingkaran Siswa Kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tahun Ajaran 2015/2016” jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Instiut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Eny Setyowati, S.Pd, M.M Kata kunci: inkuiri, alat peraga, hasil belajar, lingkaran. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa matematika menjadi pelajaran yang ditakuti oleh siswa karena dianggap sulit. Padahal kesulitan yang dihadapi siswa itu disebabkan karena siswa tidak mampu memahami materi matematika dengan baik. Hal ini diakibatkan proses pembelajaran yang berlangsung masih berpusat pada guru, dimana guru kurang menggunakan variasi metode pembelajaran yang bisa diterapkan. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan pembelajaran yang menarik dan kebebasan dalam berpikir sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Agar kegiatan belajar mengajar tidak monoton serta lebih bervariasi, maka guru dapat menggunakan metode bagi peserta didik dalam mata pelajaran matematika. Penyampaian materi juga akan lebih menarik dan dapat dengan mudah diterima oleh peserta didik maka guru dapat menggunakan alat peraga sebagai media pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus mampu memilih metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan dan karakter siswa yang diajar. Rumusan masalah dalam penelitian adalah: (1) Bagaimana hasil belajar matematika materi luas dan keliling lingkaran siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari? (2) Adakah pengaruh Metode Inkuiri Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Luas dan Keliling Lingkaran Kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung? (3) Seberapa besar pengaruh Metode Inkuiri Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Luas dan Keliling Lingkaran Kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hasil belajar matematika materi luas dan keliling lingkaran siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari; (2) Untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh Metode Inkuiri Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Luas dan Keliling Lingkaran Kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung; (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Metode Inkuiri Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Luas dan Keliling Lingkaran Kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel xix penelitian ini adalah siswa MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung yaitu kelas VIII C 29 siswa dan VIII D 29 siswa, dimana kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan menerapkan pembelajaran konvensional dan kelas VIII D sebagai kelas eksperim endengan menerapkan metode inkuiri berbantuan alat peraga. Mata pelajaran yang diteliti adalah matematika dengan materi luas dan keliling lingkaran. Instrument penelitian yang d igunakan adalah instrument hasil belajar dan hasilnya diuji dengan menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui bahwa: (1) nilai rata -rata siswa yang diajar menggunakan metode berbantuan alat peraga sebesar , sedangkan nilai rata -rata siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional sebesar . Ini berarti hasil belajar siswa yang menggunakan metode inkuiri berbantuan alat peraga lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (2) hasil analisa dengan uji t-test diperoleh nilai t hitung yaitu dan pada taraf signifikasi 5% diperoleh ttabel = 1,673. Artinya nilai t hitung > ttabel , maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikansi penerapan metode inkuiri berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung; (3) Besarnya pengaruh metode inkuiri berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa k elas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari adalah sebesar . Berdasarkan kriteria interpretasi dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode inkuiri berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar siswa termasuk dalam kategori rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd 2814123032 AGUSTIN DWI PUSPITASARI
Date Deposited: 04 Jan 2017 03:51
Last Modified: 04 Jan 2017 03:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4425

Actions (login required)

View Item View Item