PENGARUH PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MEMAHAMI KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS DARUL HUDA WONODADI

AMILIA ZAKIATUL FITRIA KUSUMA, 2814123042 (2016) PENGARUH PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MEMAHAMI KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS DARUL HUDA WONODADI. [ Skripsi ]

[img] Text
cover luar.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (367kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul”Pengaruh Pendekatan Pemecahan Masalah dalam Memahami Konsep Matematika Siswa Kelas VII Mts Darul Huda Wonodadi”, ini di tulis oleh Amilia Zakiatul Fitria Kusuma, NIM. 2814123042, Pembimbing Miswanto, M. Pd. Kata Kunci: Pendekatan, Pemecahan Masalah, Konsep Matematika. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kondisi dimana Pembelajaran di sekolah sekarang masih ada yang menerapkan sistem satu arah. Berjalannya waktu meski adanya peningkatan mutu pendidikan yang cukup menggembirakan, namun fokus dan perhatian pada upaya meningkatkan kemampuan berpikir matematika siswa masih jarang dikembangkan. Rendahnya kemampuan berpikir kritis disebabkan upaya pengembangan kemampuan berpikir kritis di sekolah-sekolah jarang dilakukan. Rendahnya kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematika siswa juga dapat dilihat dari hasil jawaban siswa dalam mengerjakan soal-soal matematika di sekolah yang masih belum memuaskan. Terutama pembelajaran dalam bidang studi matematika dimana pembelajaran matematika lebih mengutamakan kemampuan perpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh pendekatan pemecahan masalah dalam memahami konsep matematika siswa kelas VII Mts Darul Huda Wonodadi. 2) Mengetahui berapa besar pengaruh pendekatan pemecahan masalah dalam memahami konsep matematika siswa kelas VII Mts Darul Huda Wonodadi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII VII Mts Darul Huda Wonodadi. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Dalam penelitian ini sampel yang dipilih sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol dan VII D orang sebagai kelas eksperimen di kelas VII Mts Darul Huda Wonodadi tahun ajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, soal tes dan data dokumentasi. Soal tes tersebut digunakan untuk mengukur hasil belajar matematika siswa kelas VII Mts Darul Huda Wonodadi. Hasil penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti adalah 1) uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh t_hitung=6,871>t_tabel=1,67252 (taraf 5%) sehingga H_0 ditolak, jadi ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan pendekatan pemecahan maslah dalam memahami konsep matematika siswa kelas VII Mts Darul Huda Wonodadi. 2) besarnya pengaruh diperoleh d=1,88 berdasarkan pada tabel interprestasi nilai Cohen’s maka presentasenya 96,4%. Berdasarkan hasil dari penelitian maka pendekatan pemecahan masalah berpengaruh besar terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII Mts Darul Huda Wonodadi yaitu 96,4%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123042 AMILIA ZAKIATUL FITRIA KUSUMA
Date Deposited: 30 Dec 2016 06:27
Last Modified: 30 Dec 2016 06:27
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/4416

Actions (login required)

View Item View Item