Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV-B di MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2012/2013

Dasuki, Vitrotul Anwar (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV-B di MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2012/2013. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SAMPUL ET.ALL.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LOGO STAIN.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB II.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB III.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB IV.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB V.pdf

Download (12kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Prestasi Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPS Salah satu indikator rendahnya prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS dewasa ini adalah kurang aktifnya siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini ditambah dengan fakta bahwa proses pembelajaran yang diterapkan guru masih menerapkan paradigma lama. Yaitu sering menerapkan metode/model pembelajaran konvensional yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan. Sehingga tidak menutup kemungkinan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya di MIN Tunggangri, Kalidawir, Tulungagung terkesan monoton/rendah. Untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sangatlah tepat, karena model ini dapat mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Masalah yang akan dipecahkan dalam penelititan ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi siswa kelas IV-B di MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2012/2013? (2) Bagaimana prestasi belajar yang diperoleh siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi siswa kelas IV-B di MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2012/2013? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) Untuk menjelaskan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi siswa kelas IV-B di MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2012/2013. (2) Untuk mendeskripsikan prestasi belajar yang diperoleh siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi siswa kelas IV-B di MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2012/2013. Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini bagi Kepala MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung, dapat dipergunakan sebagai masukan dalam merumuskan kebijakan dalam upaya meningkatkan penguasaan mata pelajaran IPS, Bagi guru, dapat digunakan untuk mengembangkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan mata pelajaran IPS, Bagi siswa, mereka lebih aktif berfikir dan berbuat dimana hal ini sangat dikehendaki dalam kegiatan pembelajaran,. Bagi peneliti yang mengadakan penelitian sejenis, hasil penelitian dapat digunakan untuk menambah wawasan tentang meningkatkan mutu pendidikan melalui pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran di sekolah/madrasah. xx Untuk mencapai tujuan yang sudah dijelaskan di atas, peneliti menggunakan jenis penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas. Proses pelaksanaannya sendiri meliputi : (1) Menyusun perencanaan (planning), (2) Melaksanakan tindakan (acting), (3) Pengamatan (observing) dan (4) Refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode observasi, metode wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan angket. Metode tes digunakan untuk memperoleh data berupa prestasi belajar siswa. Metode observasi digunakan untuk mengamati kegiatan peneliti dan siswa dalam proses pembelajaran. Metode wawancara dan angket digunakan untuk memperoleh data berupa respon siswa terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode dokumentasi digunakan untuk memperkuat penelitian dengan foto-foto, sedangkan catatan lapangan digunakan untuk mencatat hal-hal penting yang tidak terdapat pada lembar observasi Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw akhirnya dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Adapun langkah-langkah penerapan model tersebut meliputi: Tahap awal: 1) Membuka pelajaran, 2) Menyampaikan tujuan pembelajaran, 3) Memberikan motivasi. Tahap inti: 1) Membagi 34 siswa kelas IV-B dalam 6 kelompok belajar kooperatif (kelompok asal), 2) Penjelasan materi (Pada kelompok asal), 3) Membagi materi menjadi 6 kartu soal, 4) Pembentukan kelompok ahli dan diskusi kelompok ahli, 5) Diskusi kelompok asal, 6) Presentasi kelompok asal, 7) Pemberian kuis jigsaw, dan 8) Pemberian penghargaan. Tahap akhir: 1) Menyimpulkan hasil pembelajaran, 2) Pemberian soal post test. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa meningkat dapat dilihat dari nilai post test. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa yang semula 65,84 (pre test), meningkat menjadi 74,23 (post test siklus 1) dan meningkat lagi menjadi 82,41 (post test siklus 2). Selain itu, peningkatan prestasi belajar siswa juga dapat dilihat dari ketuntasan belajar. Terbukti dengan presentase ketuntasan belajar pre test (43,33%) meningkat pada post test siklus 1 (67,65%), dan meningkat lagi pada post test siklus 2 (88,23%). Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV-B di MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 09 Dec 2014 04:05
Last Modified: 09 Dec 2014 04:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/441

Actions (login required)

View Item View Item