STRATEGI PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL ASWAJA/KE-NU-AN DI MTS AS SYAFI’IYAH NGETAL, POGALAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ARIF AGUNG PRASETYO, 2811123055 (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL ASWAJA/KE-NU-AN DI MTS AS SYAFI’IYAH NGETAL, POGALAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER-Arif A.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-Arif Agung.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II-Arif Agung.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III-Arif Agung.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text
BAB IV-Arif Agung.pdf

Download (258kB)
[img]
Preview
Text
BAB V-Arif Agung.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI-Arif Agung.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Aswaja/Ke-NU-an di MTs As Syafi’iyah Ngetal, Pogalan Tahun pelajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Arif Agung Prasetyo, NIM.2811123055, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung 2016, Dosen Pembimbing Dr. Ahmad Tanzeh M.Pd.I Kata Kunci: Pembelajaran, Muatan Lokal Aswaja/Ke-NU-an. Lebihdari 80 juta jiwa warga Indonesia adalah kaum Tradisionalis yang berfaham Aswaja An-Nahdliyah. Melihat fakta tersebut dan melihat sejarah berdirinya Nahdlatul Ulama yang berindikasi merupakan reaksi atas banyak munculnya kelompok Modernis dan Puritan, maka tidak dapat dipungkiri jika Nahdlatul Ulama akan terus menghadapi tantangan yang salah satunya adalah tantangan secara Ideologis. Oleh karenanya peneliti merasa penting untuk melakukan penelitian ini guna melihat secara jelas proses pelestarian faham Aswaja An Nahdliyah pada jalur pendidikan sebagai tambahan informasi agar kedepan dapat dilakukan usaha yang lebih baik lagi sebagai peningkatan mutu pendidikan dilingkungan NU. Dalam penelitian ini, rumusan masalahnya adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Aswaja/Ke-NU-an di MTs As Syafi’iyah Ngetal, Pogalan (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Aswaja/Ke-NU-an di MTs As Syafi’iyah Ngetal, Pogalan (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Aswaja/Ke-NU-an di MTs As Syafi’iyah Ngetal, Pogalan. Adapun tujuan penelitian sebagai berikut: (a) Untuk menjelaskan bagaimana perencanaan pembelajaran muatan lokal Aswaja/Ke-NU-an di MTs As Syafi’iyah Ngetal, Pogalan. (b) Untuk menjelaskan bagaimana pelaksanaan pembelajaran muatan lokal Aswaja/Ke-NU-an di MTs As Syafi’iyah Ngetal, Pogalan. (c) Untuk menjelaskan bagaimana evaluasi pembelajaran muatan lokal Aswaja/Ke-NU-an di MTs As Syafi’iyah Ngetal, Pogalan. Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di lapangan kurang lebih 4 hari. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metodeanalisis yang dilakukan peneliti melalui data reduction, data display, danconclusion drawing/ verification. Dari hasil penelitian di MTs As Syafi’iyah Ngetal, Pogalan ditemukan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran Aswaja/Ke-NU-an di MTs As Syafi’iyah Ngetal, Pogalan menggunakan SK-KD dari LP Ma’arif NU yang kemudian dikembangkan menjadi perangkat pembelajaran (2) Pelaksanaan pembelajaran Aswaja/Ke-NU-an dilakukan dengan pembelajaran dikelas dan juga pembiasaan amaliyah Nahdlatul Ulama (3) UntukevaluasipembelajaranAswaja/Ke-NU-an dilaksanakanolehpihak madrasah danjuga LP Ma’arif NU secara rutin dengan sistem yang telah ditentukan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123055 ARIF AGUNG PRASETYO
Date Deposited: 05 Jan 2017 01:37
Last Modified: 05 Jan 2017 01:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4398

Actions (login required)

View Item View Item