STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ARLINA, 2811123057 (2016) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (436kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Arlina, NIM. 2811123057, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran PAI di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung”, yang dibimbing oleh Dr. H. Muwahid Sulhan, M.Ag., NIP. 19531205 198203 1 004. Kata Kunci : Strategi, Peremcanaan, Pembelajaran, Evaluasi, Mata Pelajaran PAI Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama ini kurang diminati oleh para peserta didik, sedangka pelajaran kejuruan atau pelajaran informatika (IT) lebih diperhatikan atau diminati para peserta didik. Oleh karena itu guru pendidikan agama islam harus mengupayakan agar pembelajarannya harus diperhatikan dan ditingkatkan lagi. Dalam hal ini penulis mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMPN 2 Sumbergempol. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung? (2)Bagaimana pelaksanaan guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Mengetahui perencanaan guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. (2) Mengetahui pelaksanaan guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. (3) Mengetahui evaluasi guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitin deskriptif dan study kasus. Penelitian dilakukan di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Sumber data diperoleh dari tiga macam sumber data yakni people, place, dan paper. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Sedangkan teknik analisisnya menggunakan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengamatan, trianggulasi, pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian setelah diadakan analisis mengunggkapkan bahwa: (1) perencanaan guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung, adalah dengan mempersiapkan Administrasi pembelajaran yang meliputi Silabus, RPP, agenda pembelajaran, absensi siswa, system penilaian, PROTA (program tahunan), PROMES (program semester), mempersiapkan media dan metode pembelajaran. di dalam RPP telah direncanakan dan dipersiapkan mengenai materi yang akan dipakai, media pembelajaran yang akan digunakan, tujuan pembelajaran yang hendak dicapai, langkah-langkah pembelajarannya hingga penilaian yang akan digunakan. Hal ini bertujuan agar proses pembelajaran di kelas dapat berlangsung lebih efektif dan efisien sehingga prestasi belajara peserta didik dapat meningkat karena proses pembelajarannya telah terstruktur dan dipersiapkan dengan baik. (2) Pelaksanaan guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung adalah dengan memberikan motivasi dengan cara memberikan reward kepada peserta didik yang berprestasi, kemudian penyamapaian materi pembelajaran dengan mengaitkan kepada kehidupan sehari-hari sebagai contoh riilnya, dan mengajak anak untuk mengikuti kegiatan-kegiatan rutin di sekolah (3) Evaluasi guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung, adalah dengan pengamatan langsung yang dilakukan oleh seluruh guru PAI dengan teknik observasi langsung yaitu dengan melakukan beberapa kegiatan : mengadakan kuis, Ulangan rutin setiap selesai mempelajari materi pelajaran sebagai tolak ukur siswa, melalui cacatan individu guru, UTS, UKK, UN, UAS, pertemuan guru kelas guna membahas perkembangan prestasi belajar peserta didik dan penggunaan strategi pembelajaran yang lainya, dan pertemuan wali murid guna membahas perkembangan prestasi belajarar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123057 ARLINA
Date Deposited: 04 Jan 2017 06:30
Last Modified: 04 Jan 2017 06:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4393

Actions (login required)

View Item View Item