IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) PADA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMPN 1 KANIGORO BLITAR TAHUN AJARAN 2015-2016

KHOIRUN NIKMAH, 2811123119 (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) PADA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMPN 1 KANIGORO BLITAR TAHUN AJARAN 2015-2016. [ Skripsi ]

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI PAKEM KOMPLIT URUT.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB I REVISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB II REVISI.pdf

Download (503kB)
[img]
Preview
Text
BAB III REVISI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV REVISI.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V REVISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) Pada Pelajaran PAI Kelas VII di SMPN 1 Kanigoro Blitar” ini ditulis oleh Khoirun Nikmah, NIM. 2811123119, pembimbing Drs. Muh Kharis, M.Pd. Kata kunci: Implementasi, Model PAKEM, PAI Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa dalam proses pelaksanaan pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama Negeri yang terjadi selama ini hanya berorientasi pada guru aktif di dalam kelas dan pencapaian target materi selesai. Untuk memecahkan problem yang berkaitan dengan proses pembelajaran di dalam kelas, dan sekaligus untuk menempatkan siswa sebagai subjek yang aktif di dalam kelas, dan proses pembelajaran di dalam kelas lebih hidup, maka pada sat ini telah dikembangkan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) pada Pelajaran PAI. Dengan adanya Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) ini, diharapkan dapat meningkatkan aktifnya siswa-siswi dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Bahkan dengan pembelajaran yang lebih berorientasi pada siswa-siswi aktif di dalam kelas, pendidik harus merencanakan berbagai macam dengan menggunakan metode yang lebih bervariasi, sumber belajar yang sesuai, dan media pendukung serta alat bantu yang sesuai. Model yang dimaksudkan diatas adalah model PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1. Bagaimana proses pelaksanaan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) pada pelajaran PAI kelas VII di SMPN 1 Kanigoro Blitar tahun ajaran 2015¬¬¬-2016? 2. Apa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) pada pelajaran PAI kelas VII di SMPN 1 Kanigoro Blitar tahun ajaran 2015¬¬¬-2016? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu 1). Wawancara mendalam (In-depht Interview). 2). Observasi dan 3). Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Hubermen yang terdiri dari: 1) Reduksi data 2) Penyajian data dan 3) Verifikasi atau menarik kesimpulan. Adapun teknik pengecekakan keabsahan data temuan yang digunakan yaitu: 1). Trianggulasi, 2). Perpanjangan keikutsertaan, 3). Pemeriksaan sejawat. Maka dalam melakukan penelitian ini digunakan metode penelitian sesuai dengan tujuan penelitian, yaitu metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang proses pelaksanaan Model PAKEM pada pelajaran PAI kelas VII. Sedangkan metode observasi dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sarana prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Dalam proses pelaksanaan model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) pada pelajaran PAI kelas VII di SMPN 1 Kanigoro Blitar guru sebelum pembelajaran berlangsung, membuat silabus, dan selanjutnya dikembangkan menjadi RPP. Metode dan model yang digunakan harus sesuai dengan materi yang diajarkan. Perlu adanya motivasi untuk membuat peserta didik semangat dalam belajar. Keterampilan-keterampilan dalam mengajar harus dimiliki oleh guru yakni: a. Keterampilan Bertanya (questioning skills), b. Keterampilan Memberi Penguatan, c. Keterampilan Mengadakan Variasi, d. Keterampilan Menjelaskan, e. Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran, f. Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil, g. Keterampilan Mengelola Kelas, h. Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan. 2). Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi model pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) pada pelajaran PAI kelas VII di SMPN 1 Kanigoro Blitar yakni faktor pendukung diterapkannya Model PAKEM: a).Adanya lingkungan sekolah yang kondusif bagi perkembangan PAKEM. b). Digunakan pakem sebagai strategi pembelajaran di sebagian besar sekolah. c). Adanya partisipasi dari masyarakat yang besar bagi penerapan pakem dalam dunia pendidikan. Sedangkan faktor penghambat dalam proses pelaksanaan PAKEM: 1).Kurangnya sosialisasi tentang pentingnya pelaksanaan pakem demi meningkatkan mutu pendidikan. 2). Kurangnya kesiapan dan pemahaman dari pihak sekolah dalam melaksanakan pakem. 3). Adanya kesalahan dalam praktek pakem.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123119 KHOIRUN NIKMAH
Date Deposited: 28 Dec 2016 02:15
Last Modified: 28 Dec 2016 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4356

Actions (login required)

View Item View Item