Pengaruh Pembelajaran Matematika Berasaskan Kooperatif dengan Strategi Penyelesaian Masalah Pemikiran Tingkat Tinggi terhadap Prestasi Belajar, Keterampilan Sosial, dan Berpikir Kreatif

Umy Zahroh, 020 (2014) Pengaruh Pembelajaran Matematika Berasaskan Kooperatif dengan Strategi Penyelesaian Masalah Pemikiran Tingkat Tinggi terhadap Prestasi Belajar, Keterampilan Sosial, dan Berpikir Kreatif. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2 (2). pp. 203-208. ISSN 2337-7623

[img]
Preview
Text
Umy Zahroh_JKPP_Vol 2 No. 2_Juli 2014.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan prestasi belajar, keterampilan sosial, dan berpikir kreatif siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif dengan strategi penyelesaian masalah pemikiran tingkat tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen nonequivalent control group posttest only design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Tulungagung. Sampel pada penelitian ini adalah dua kelas dari kelas VIII, yaitrtu kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian yang diperoleh kemampuan prestasi belajar, keterampilan sosial, dan berpikir kreatif siswa diberi pembelajaran berarasaskan kooperatif dengan strategi penyelesaian masalah pemikiran tingkat tinggi lebih baik dibandingkan dengan kemampuan prestasi belajar, keterampilan sosial, dan berpikir kreatif siswa yang diberi pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan prestasi belajar, keterampilan sosial, dan berpikir kreatif siswa yang diberikan pembelajaran berarasaskan kooperatif dengan strategi penyelesaian masalah pemikiran tingkat tinggi.

Item Type: Article
Subjects: Artikel Dosen
Jurnal
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 020 Umy Zahroh
Date Deposited: 29 Dec 2016 01:38
Last Modified: 29 Dec 2016 01:38
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/4346

Actions (login required)

View Item View Item