STRATEGI PENINGKATAN MUTU LAYANAN PERPUSTAKAAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Multisitus Di MAN Tulungagung 1 dan MAN 2 Tulungagung)

RIFNGATUL CHUSNA, 1751144020 (2016) STRATEGI PENINGKATAN MUTU LAYANAN PERPUSTAKAAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Multisitus Di MAN Tulungagung 1 dan MAN 2 Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
a cofer.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
awal.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB I hal 1-17.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB II hal 18-63.pdf

Download (320kB)
[img]
Preview
Text
BAB III hal 64-86.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV hal 87-156.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V hal 157-178.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI hal 179-182.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman ahir.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Chusna, Rifngatul. 2016. Strategi Meningkatkan Mutu Layanan Perpustakaan Lembaga Pendidikan Islam (Studi Multisitus Di MAN Tulungagung 1 Dan MAN 2 Tulungagung), Pembimbing (1) Dr. Hj. Sulistiyorini, M. Ag dan Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag Kata kunci : Strategi peningkatan, Mutu Layanan, Perpustakaan Penelitian dalam tesisi ini di latar belakangi oleh aspek struktural keberadaan perpustakaan sekolah kurang mendapat perhatian dari pihak manajemen sekolah. Sementara dalam aspek teknis keberadaan perpustakaan sekolah belum ditunjang aspek-aspek yang bersifat teknis yang sangat dibutuhkan oleh perpusatakaan sekolah seperti: tenaga, dana, serta fasilitas lainnya. Kendala pengembangan perpustakaan yang dialami oleh lembaga pendidikan Islam pada dasarnya juga tidak jauh berbeda dengan lembaga pendidikan umum. Pihak manajemen sekolah khususnya bidang perpustakaan yang berkomitmen untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan tentunya memiliki strategi tertentu untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Upaya pengembangan dan peningkatan mutu manajemen perpustakaan di sekolah atau madrasah telah dirintis untuk menuju pada pemanfaatan teknologi sistem informasi. Karena dengan pemanfaatan dan pengembangan teknologi system informasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan mutu layanan pendidikan di suatu instansi sekolah. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah 1) Bagaimana strategi meningkatkan mutu pelayanan perpustakaan di MAN Tulungagung 1 dan MAN 2 Tulungagung?, 2)Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pelayanan perpustakaan di MAN Tulungagung 1 dan MAN 2 Tulungagung?, 3) Bagaimana upaya pengelola dalam meningkatkan mutu pelayanan perpustakaan di MAN Tulungagung 1 dan MAN 2 Tulungagung ? Penelitian ini berdasrkan lokasi sumber datanya termasuk kategori peneitian lapangan dan di tinjau dari segi sifat-sifat termasuk dalam penelitian kualitatif berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian diskriptif dengan menggunakan pendekatan multi situs. Metode pengumpulan data menggunakan obserfasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, trianggulasi, pembahasan teman sejawat, dan klarifikasi dengan informan. HAsil penelitiannya adalah strategi meningkatkan mutu pelayanan perpustakaan Di MAN Tulungagung 1 dan MAN 2 Tulungagung sudah mengalami berbagai perkembangan. Stratagi yang di buat yaitu a. rancangan program kerja, b. peningakatan mutu SDM, c. rancangan Visi dan Misi perpustakaan, d. rancangan penyediaan fasilitas yang memadadi serta, e.rancagan aturan dan tata tertib dari perpustakaan. Untuk memajukan mutu pelayanan perpustakaan di kedua lembaga ini. Program kerja yang di maksud adalah proses pelayanan di dalam perpustakaan dengan memanfaatkan IT guna meningkatkan mutu pelayanan. Pelayanan akan semakin mudah, cepat dan memuaskan. Proses yang kedua yaitu berusaha meningkatkan mutu pelayanan dengan meningkatkan mutu SDM. Meningkatkan mutu SDM yakni berusaha untuk mendapatkan staf perpustakaan ayang profesiaonal agar dapat lebih mudah dalam proses pengolahan. Strategi yang ketiga yaitu pembentukan visi dan misi perpustakaan yang berguna sebagai patokan yang sebagai sumber tujuan. Selanjutnya adalah strategi yang ke empat yaitu menyiapkan fasilitas yang memadai agar pengguna perpustakaan dapat merasa nyaman didalam. Dan proses yang terakhir yaitu proses pembuatan aturan dan tata tertib perpustakaan. Faktor Pendukung dan penghambat peningkatkan Mutu Pelayanan Perpustakaan Di MAN Tulungagung 1 dan MAN 2 Tulungagung adalah gerakan atau aktifitas yang terjadi di dalam perpustakaan yang sesuai dengan strategi yang telah di buat.. Faktor pendukung berupa pelaksnaan Program Kerja Perpustakaan berupa pemanfatan program IT peningkatan mutu SDM perpustakaan, Pelaksnaan Visi dan Misi, Penyediaan fasilitas yang Memadahi aturan-aturan dan tata tertib di jalankan guna ketertiban dari semua aktifitas perpustakaan. Faktor penghambat yaitu sulitnya pendanaan, ketertiban anggota dalam pemanfaatan fasilitas perpustakaan, kurangnya tenaga ahli dalam perawatan alat-alat yang ada di perpustakaan. Upaya pengelola dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan perpustakaan Di MAN Tulungagung 1 dan MAN 2 Tulungagung yakni yaitu pengawaasan program kerja, pengawasan peningakatan mutu SDM, pengawasan Visi dan Misi perpustakaan,pengawasan penyediaan fasilitas yang memadahi serta pengawasan aturan dan tata tertib dari perpuatakaa. Pengawasan dijalankan guna mengetahui hal-hal yang perlu di evaluasi dan di perbaiki.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: STRATEGI P 1751144020 Rifngatul Chusna
Date Deposited: 23 Dec 2016 07:30
Last Modified: 23 Dec 2016 07:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4331

Actions (login required)

View Item View Item