PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG

NURUL MUKHSININ, 2817123125 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (61kB)
[img] Text
ABSTRAK DLL.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (992kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung” ini ditulis oleh Nurul Mukhsinin, NIM 2817123125 dibimbing oleh Dr. Mohamad Jazeri, M.Pd. Kata kunci: Snowball Throwing, Kemampuan Menyimak, Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan bahwa peserta didik kesulitan mengidentifikasi unsur cerita dalam kegiatan menyimak, yang berakibat pada nilai Bahasa Indonesia yang selalu dibawah rata-rata. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model snowball throwing. Penerapan model pembelajaran snowball throwing dalam proses belajar mengajar diharap dapat membantu pemahaman peserta didik dalam belajar Bahasa Indonesia, sehingga kemampuan menyimak peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan kemampuan menyimak dalam pelajaran Bahasa Indonesia dengan pokok bahasan cerita pendek anak bagi peserta didik kelas V di SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana peningkatan kemampuan menyimak melalui model pembelajaran snowball throwing mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan pokok bahasan cerita pendek anak bagi peserta didik kelas V di SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan kemampuan menyimak dalam pelajaran Bahasa Indonesia dengan pokok bahasan cerita pendek anak bagi peserta didik kelas V di SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung tahun ajaran 2015/2016, (2) Mengetahui peningkatan kemampuan menyimak melalui model pembelajaran snowball throwing mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan pokok bahasan cerita pendek anak bagi peserta didik kelas V di SDIMiftahul Huda Plosokandang Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didikmencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) penerapan model snowball throwing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: penyampain kompetensi yang akan dicapai, penyajian materi sebagai pengantar, pemberian informasi tentang prosedur pelaksanaan pembelajaran snowball throwing, pembagian kelompok belajar, pemanggilan ketua kelompok dan pembagian tugas, penjelasan ketua kelompok kepada anggotanya, pemberian kertas lembar kerja dan penulisan pertanyaan, pembentukan dan pelemparan kertas pertanyaan (lembar kerja), diskusi kelompok dan dilanjutkan persentasi kelompok, kesimpulan dan pemberian nilai. (2) terdapat peningkatan kemampuan menyimak dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari nilai tes akhir pada proses belajar mengajar siklus I dan siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 62,7 siswa yang mendapat nilai ≥75 sebanyak 15 siswa (45,5 %) dan 75 sebanyak 18 siswa (54,5%). Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 78,00 siswa yang mendapat nilai ≥75 sebanyak 27 siswa (90%) dan 75 sebanyak 3 siswa (10%). Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa rata-rata peningkatan kemampuan menyimak siswa yang berupa hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu 15,30 begitu pula pada ketuntasan belajar Bahasa Indonesia terjadi peningkatan sebesar 44,5% dari siklus I ke siklus II. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model Snowball Throwing dapat meningkatkan kemampuan menyimak peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi cerita pendek dan unsur cerita kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123125 NURUL MUKHSININ
Date Deposited: 22 Dec 2016 03:26
Last Modified: 22 Dec 2016 03:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4316

Actions (login required)

View Item View Item